SKRIPSI PAI
Kecerdasan Interpersonal Anak Pada Keluarga Single Parent (Studi Kasus Kelas 5 SD Plus Baiturrahman Tahun Ajaran 2016/2017 Desa Api-api Kec. Wonokerto Kab. Pekalongan
Kecerdasan Interpersonal adalah kecerdasan yang dimiliki oleh seseorang, yang bergerak ke luar berkaitan dengan individu-individu lain, ditunjukan melalui kepekaan seseorang dalam merespon simpati orang tersebut terhadap rasa atau maksud-maksud tertentu yang dimiliki oleh orang-orang di sekelilingnya. Kecerdasan Interpersonal dapat ditunjukkan melalui kemampuan dalam memahami dan berinteraksi dengan orang lain. Kecerdasan interpersonal dapat pula diartikan sebagai kemampuan membaca suasana hati, emosi, motivasi dan maksud seseorang. Kecerdasan interpersonal bisa juga disebut sebagai kecerdasan sosial. Memiliki pengertian kemampuan menciptakan, membangun dan mempertahankan suatu hubungan antar pribadi (sosial) yang sehat dan saling menguntungkan. Kecerdasan interpersonal lebih dari kecerdasan- kecerdasan yang lain, kecerdasan interpersonal yang kuat menempatkan kita untuk kesuksesan sebaliknya kecerdasan interpersonal yang lemah akan menghadapkan kita pada rasa frustasi dan kegagalan terus menerus, kalaupun ada keberhasilan terjadi secara kebetulan saja. Kecerdasan interpersonal dapat berkembang karena dipengaruhi oleh berbagai faktor. Pengaruh satunya adalah dari keluarga. Dalam hal ini untuk pengambilan data Kecerdasan interpersonal anak pada keluarga single parent, peneliti menjadikan siswa kelas 5 SD Plus Baiturrahman Api-api tahun ajaran 2016/2017 kec. wonokerto kab. Pekalongan yang dari keluarga single parent, sebagai subjek penelitian
Permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah bagaimana Kecerdasan interpersonal anak pada keluarga single parent dan apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi Kecerdasan interpersonal anak pada keluarga single parent. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran mengenai kecerdasan interpersonal pada siswa kelas 5 SD Plus Baiturrahman Api-api tahun ajaran 2016/2017 kec. wonokerto kab. Pekalongan. Kegunaan penelitian ini untuk sebagai bahan kajian tambahan bagi mahasiswa yang berminat mempelajari psikologi perkembangan dan psikologi pendidikan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Setting penelitian mengambil tempat SD Plus Baiturrahman Api-api kec. wonokerto kab. Pekalongan. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder, sumber data primer adalah siswa kelas 5 SD Plus Baiturrahman Api-api yang dari keluarga single parent beserta guru, teman. Dan keluarganya, sumberdata sekunder adalah buku-buku atau karya ilmiah yang relevan sesuai dengan masalah yang diteliti. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu dengan melakukan observasi, wawancara, serta dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan interpersonal pada siswa kelas 5 SD Plus Baiturrahman Api-api yang dari keluarga single parent berada dalam kategori sedang. Dalam kategori ini siswa tersebut memiliki kemampuan dalam berkomunikasi dalam kategori rata-rata artinya siswa cukup mampu dalam membangun hubungan sosial.
17SK1721428.00 | SK PAI 17.428 GHU k | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain