SKRIPSI PAI
Implementasi Variasi Metode Pembelajaran PAI dalam Pembentukan Akhlak Siswa Kelas VII di SMP N 2 Kedungwuni
Latar belakang penelitian ini adalah bahwa dalam pembelajaran hendaknya terdapat komunikasi yang baik antara guru dengan siswa, yang menekankan keaktifan siswanya dalam proses belajar mengajar. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan metode pembelajaran yang tepat dan tidak monoton. Penggunaan metode yang variatif dan sesuai tentunya juga akan mendorong keberhasilan proses pembelajaran yang dilakukan.
Permasalahan yang akan dikaji dalam skripsi ini adalah Bagaimana implementasi variasi metode pembelajaran PAI dalam pembentukan akhlak siswa kelas VII di SMP N 2 Kedungwuni, dan Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat untuk pembelajaran PAI dalam pembentukan akhlak siswa kelas VII di SMP N 2 Kedungwuni.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif, mengambil tempat penelitian di SMP N 2 Kedungwuni. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan Implementasi Variasi Metode Pembelajaran PAI dalam Pembentukan Akhlak Siswa Kelas VII di SMP N 2 Kedungwuni sudah baik. Diantaranya beberapa variasi metode yang digunakan adalah : metode ceramah, tanya jawab, demonstrasi dan pendekatan. Metode keteladananpun dilakukan, karna biasanya siswa sering mengikuti apa yang dilakukan guru. Implementasi variasi metode pembelajaran PAI dalam pembentukan akhlak siswa kelas VII di SMP N 2 Kedungwuni terdapat beberapa faktor yang mendukung dan menghambat. Faktor pendukung diantaranya sarana dan prasarana yang memadai dan adanya kerjasama antara guru dengan siswa. Sedangkan untuk faktor penghambat diantaranya anak kurang paham, anak terkadang susah diatur di suruh praktek hanya lari-larian, dan materi tidak tuntas.
17SK1721410.00 | SK PAI 17.410 YUL i | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain