SKRIPSI PAI
Implementasi Metode Bermain Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak di TK Muslimat Desa Kutosari Kecamatan Karanganyar Kabupaten Pekalongan
Taman kanak–kanak adalah salah satu pendidikan pra sekolah yang
menyediakan program pendidikan dini bagi anak usia 4 tahun sampai memasuki
pendidikan dasar. Taman kanak–kanak memberi kemungkinan kepada anak
didiknya untuk mengembangkan seluruh aspek perkembangannya. Metode
pembelajaran TK yang dapat memberikan kesempatan kepada anak untuk
mengembangkan kreativitasnya diantaranya adalah metode bermain. Kreativitas
anak dapat terlihat pada saat bermain. TK Muslimat desa Kutosari merupakan
salah satu TK yang menerapkan metode bermain. Penerapan metode bermain di
TK Muslimat dapat menumbuhkan kreativitas anak
Berdasarkan latar belakang diatas, maka penulis merumuskan masalah
sebagai berikut: (1) bagaimana implementasi metode bermain di TK Muslimat
Desa Kutosari Kecamatan Karanganyar Kabupaten Pekalongan, (2) bagaimana
bentuk kreativitas anak di TK Muslimat Desa Kutosari Kecamatan Karanganyar
Kabupaten Pekalongan. Tujuan penelitan ini adalah: Untuk mengetahui
implementasi metode bermain dan bentuk kreativitas anak-anak di TK Muslimat
Desa Kutosari Kecamatan Karanganyar Kabupaten Pekalongan. Sedangkan
kegunaan penelitian ini adalah memberikan tambahan wawasan bagi pembaca
pada umumnya dan bagi penulis pada khususnya, dan bahan kajian orang tua,
guru dan pihak-pihak yang membutuhkan informasi.
Pada penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian lapangan. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah
metode observasi, wawancara, dan metode dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode bermain di TK
Muslimat Desa Kutosari sangat disukai dan mudah dilakukan oleh anak. Diantara
jenis permainannya adalah permainan sentra balok dan sentra seni. Permainan
Sentra balok meliputi membuat rumah-rumahan, istana dan gapura. Sedangkan
permainan sentra seni misalnya membuat radio dengan tepung, membuat berbagai
bentuk dengan kertas lipat. Bentuk kreativitas anak yaitu anak dapat membuat
berbagai bentuk dari permainan sentra balok dan sentara seni. Jadi implementasi
metode bermain dalam mengembangkan kreativitas anak di TK Muslimat Desa
Kutosari yaitu anak–anak mempraktekkan permainan seperti permainan sentra
balok, sentra seni yang menghasilkan bermacam–macam bentuk kreativitas
contohnya membuat bentuk dari kertas lipat, membuat telepon–teleponan dari
gelas plastik minuman dan lain–lain, sehingga anak-anak dapat berimajinasi dan
menciptakan karya–karya dengan bentuk dan hasil yang bervariasi. Anak–anak
merasa senang dan bangga dengan hasil karyanya dan menunjukkan kepada
teman, orang tuanya, bahwa mereka mampu mampu menghasilkan karya dengan
kreativitasnya melalui metode bermain.
17SK1721408.00 | SK PAI 17.408 DIY i | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain