SKRIPSI PAI
Implementasi Pendidikan Karakter di TK Pertiwi Legokkalong Kecamatan Karanganyar Tahun Ajaran 2015/2016
Dasar pendidikan karakter dan pembiasaan-pembiasaan sebaiknya
diterapkan sejak usia dini (kanak-kanak), karena pada usia ini sangat menentukan
kemampuan anak dalam mengembangkan potensinya. Dimana pada usia ini anakanak
masih dalam masa tumbuh dan berkembang, meniru apa yang mereka lihat,
dengar yang ada disekelilingnya. Maka pada usia ini peran orang tua dan guru
sangatlah penting dalam membentuk dan mengembangkan kepribadian dan
karakter anak. Sebagaimana dalam fungsi dan tujuan pendidikan TK “ Membantu
anak didik mengembangkan berbagai potensi baik psikis maupun fisik yang
meliputi moral, nilai-nilai agama, sosial, emosional, kognitif, kemandirian, dan
seni untuk siap memasuki pendidikan dasar ”. .
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana karakter siswa
TK PERTIWI Legokkalong Kecamatan Karanganyar Tahun Ajaran 2015/2016?
Bagaimana implementasi pendidikan karakter di TK PERTIWI Legokkalong
Kecamatan Karanganyar Tahun Ajaran 2015/2016? Bagaimana faktor pendukung
dan penghambat dalam pelaksanaan pendidikan karakter di TK PERTIWI
Legokkalong Kecamatan Karanganyar tahun ajaran 2015/2016?. Tujuan
penelitian adalah untuk mengetahui perilaku karakter anak, untuk mengetahui
Implementasi pendidikan karakter anak, untuk mengetahui faktor pendukung dan
penghambat dalam pelaksanaan pendidikan karakter di TK PERTIWI
Legokkalong Kecamatan Karanganyar tahun ajaran 2015/2016. Kegunaan
penelitian diharapkan mampu memperluas pengetahuan tentang pendidikan
karakter di TK PERTIWI Legokkalong Kecamatan Karanganyar.
Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan
pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan
data dalam penelitian ini observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun dalam
menganalisis data peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, Perilaku karakter yang
ditunjukkan oleh siswa TK PERTIWI Legokkalong Kecamatan Karanganyar
tahun ajaran 2015/2016 sesuai dengan kurikulum Pendidikan Karakter, yakni:
Religius, Jujur, Toleransi, Disiplin, Kreatif, Mandiri, Bersahabat atau
komunikatif, Cinta damai, Gemar Membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial, dan
Tanggung jawab. Kedua, Implementasi pendidikan karakter di TK PERTIWI
Legokkalong Kecamatan Karanganyar tahun ajaran 2015/2016, antara lain:
Pembiasaan tentang kemandirian, kedisiplinan, kebersihan dan berpakaian rapi,
jujur dalam berucap dan berbuat, religius , toleransi terhadap teman yang berbeda
agama, membantu orang lain atau teman sebaya, hormat dan mematuhi perintah
guru. Ketiga, Faktor pendukung dalam pelaksanaan pendidikan karakter di TK
PERTIWI Legokkalong Kecamatan Karanganyar tahun ajaran 2015/2016, antara
lain: Perhatian dari segenap guru untuk mendampingi anak didiknya dalam
belajar, Adanya dukungan dari orang tua untuk membiasakan perilaku yang baik
dan juga kerja sama antara orang tua murid dengan dewan guru , Sarana dan
prasarana yang memadai untuk belajar. Sedangkan faktor penghambat, antara lain:
Adanya sikap pemanjaan yang berlebihan dari orang tua/pengasuh, Adanya
sebagian siswa yang nakal sehingga mempengaruhi siswa yang lain, serta
kurangnya perhatian dari orang tua/lingkungan keluarga (pembiasaan) .
17SK1721404.00 | SK PAI 17.404 FAU i | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain