SKRIPSI PAI
Pengaruh Prestasi Pendidikan Agama Islam Terhadap Perkembangan Kecerdasan Emosional Siswa A SDN Simbang Wetan Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan
Pendidikan merupakan segala macam aktifitas yang berpengaruh pada kekuatan seseorang, kesiapan dan pengembangannya yang mencakup perubahan pada kecerdasannya, watak dan akhlak kita yang secara tidak langsung dilengkapi oleh faktor-faktor yang lain, seperti : norma-norma syari’at, pola kehidupan, tradisi lingkungan dari berbagai macam lingkungan. Pendidikan dapat berlangsung di sekolah, keluarga, dan masyarakat. Sekolah adalah lingkungan kedua siswa berlatih dan menumbuhkan kepribadiannya. Karena itu adalah kewajiban sekolah pula untuk ikut membimbing siswa dalam menyelesaikan dan menghadapi kesukaran-kesukaran dalam hidup. Banyak bukti memperlihatkan bahwa orang yang secara emosional cakap, yang mengenai dan menangani perasaan mereka sendiri dengan baik, dan mampu serta menghadapi orang lain dengan efektif, memiliki keuntungan dalam setiap bidanag kehidupan. Sebaliknya banyak orang yang memilki kecerdasan otak saja atau gelar yang tinggi belum tentu sukses berkiprah di dunia pekerjaan. Bahkan sering kali yang berpendidikan formal lebih rendah ternyata lebih berhasil. Hal ini karena mereka mempunyai kecerdasan emosional. Bahkan para ahli menyimpulkan, diantaranya Linda Kugan dan Cleland bahwa inti kemampuan pribadi seseorang adalah kecerdasan emosi.
Rumusan masalah yang dikemukakan didalam penelitian ini adalah bagaimana prestasi Pendidikan Agama Islam di SDN Simbang Wetan Buaran Pekalongan, bagaimana kecerdasan emosional siswa di SDN Simbang Wetan Buaran Pekalongan, bagaimana pengaruh prestasi Pendidikan Agama Islam di SDN Simbang Wetan Buaran Pekalongan terhadap kecerdasan emosional siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di SDN Simbang Wetan Buaran Pekalongan, untuk mengetahui perkembangan kecerdasan emosional siswa SDN Simbang Wetan Buaran Pekalongan, untuk mengetahui Prestasi Pendidikan Agama Islam di SDN Simbang Wetan Buaran Pekalongan dapat mempengaruhi kecerdasan emosional siswanya. Sedangkan kegunaan penelitian antara lain sebagai bahan pertimbangan dalam upaya meningkatkan kecerdasan emosional siswa, sebagai bahan masukan bagi sekolah agar tidak hanya mementingkan aspek intelektual siswa saja, namun juga harus memperhatikan aspek emosional siswa.
Metode penelitiannya meliputi desain penelitian, di mana penulis menggunakan pendekatan pendekatan kuantitatif, sedang penelitiannya adalah penelitian lapangan (field research), di mana peneliti mengamati langsung ke lokasi penelitian. Dan penulis 2 variabel yaitu variabel bebas (prestasi PAI) dan variabel terikat (perkembangan kecerdasan emosional siswa). Sementara teknik pengumpulan datanya adalah dengan menggunakan interview, angket, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data, digunakan teknik analisis kuantitatif atau sering disebut statistik, di mana menggunakan rumus regresi linier sederhana.
Hasil data lapangan tentang prestasi pendidikan agama Islam di SDN Simbang Wetan Buaran Pekalongan menunjukkan perolehan rata-rata (mean) sebesar 79,88, yang terletak pada interval kelas 80-82. Sehingga prestasi pendidikan agama Islam di SDN Simbang Wetan Buaran Pekalongan dapat dikategorikan cukup baik, kecerdasan emosional siswa dapat dikategorikan baik dengan rata-rata (mean) sebesar 155 yang berada pada interval 154-164. Perolehan hasil analisis uji hipotesis, pada tingkat signifikan 1% diperoleh F0 = 1,59 < Ft (1,40) = 7,31, maka H0 diterima dan Ha ditolak. Maka disimpulkan variabel independen tidak memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap variabel dependen. Pada tingkat signifikan 5% Nilai F0 = 1,59 > Ft (1,40) = 4,08, maka H0 diterima dan Ha ditolak. Maka disimpulkan variabel independen tidak memiliki pengaruh secara signifikan terhadap variabel dependen.
17SK1721403.00 | SK PAI 17.403 IZA p | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain