TESIS PAI
Upaya Membangun Akhlaqul Karimah Siswa Melalui Pembudayaan religius di MTs Negeri Kesesi Kabupaten Pekalongan
Upaya membangun Akhlaqul Karimah siswa di sekolah secara efektif melalui pembudayaan religius. Budaya religius adalah sekumpulan nilai-nilai agama yang melandasi perilaku, tradisi kebiasaan keseharian dan simbol-simbol yang dipratikkan oleh kepala sekolah, guru, petugas administrasi, peserta didik. Urgensi implementasi budaya religius di sekolah agar seluruh warga sekolah, keimananya sampai pada tahap keyakinan, praktik agama, pengalaman, pengetahuan agama, dan dimensi pengalaman keagamaan, dapat diwujudkan melalui berbagai kegiatan keagamaan sebagai wahana dalam upaya menciptakan dan mengembangkan suasana religius. Diharapkan penanaman nilai-nilai agama di sekolah dapat diamalkan dilingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data-data yang diperoleh diolah dengan analisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perencanaan budaya religius dalam upaya membangun akhlaqul karimah siswa di MTs Negeri Kesesi, perencanaan budaya religius ini tertuang dalam KTSP MTs Negeri Kesesi dan program kesiswaan serta kegiatan pembiasaan keagamaan. Perencanaan dilakukan dengan melibatkan seluruh elemen yang ada di sekolah (2) Pelaksanaan budaya religius dalam mewujudkan pendidikan karakter di MTs Negeri Kesesi, pelaksanaan budaya religius terbagi menjadi tiga yaitu: kegiatan yang dilaksanakan harian yang meliputi S4 (senyum, salam, salim, dan sapa), salat Dzuhur berjamaah,membaca alqur’an surat-surat pendek dan kantin kejujuran; kegiatan yang dilaksanakan mingguan meliputi hafalan surat-surat pendek al-Qur’an, infak,sholat dhuha berjamaah, dan kerja bakti jum’at bersih dan kegiatan tahunan meliputi istighosah dan peringatan hari-hari besar Islam, (3) Sistem evaluasi pelaksanaan budaya religius dalam membangun akhlaqul karimah di MTs Negeri Kesesi, meliputi evaluasi terstruktur dan rapat kondisional (tidak terjadwal), (4) Faktor pendukung dan penghambat budaya religius dalam membangun akhlaqul karimah siswa di MTs Negeri Kesesi, yaitu: faktor pendukung: (a) dukungan kepala sekolah, (b) dukungan guru, (c) dukungan peserta didik, (d).Monitoring. Sedangkan faktor penghambat: (a) penggunaan HP,internet dan TV yang tidak terkontrol (b) lingkungan keluarga dan masyarakat yang tidak agamis,(c) sarana prasarana bidang keagamaan yang terbatas
Kata kunci : Akhlaqul Karimah dan , budaya religius,
17TS1751002.00 | TS P.PAI 17.002 UBA u | My Library (Ruang Tesis,, Lantai 3) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain