SKRIPSI PAI
Penerapan Active Learning "Index Card Match" dalam Pembelajaran Bahasa Arab di SMA 1 Sragi Kabupaten Pekalongan
Pembelajaran bahasa Arab di sekolah formal seperti pada Sekolah Menengah Atas (SMA) bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, melihat realita hampir sebagian besar siswa yang masuk ke SMA adalah alumni dari Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang hampir sebagian mereka belum mengenal bahasa Arab sebelumnya. Hal ini yang akhirnya harus menuntut seorang guru untuk bisa berkreatiftas dan berinovasi agar pembelajaran menjadi menarik dan para siswa mampu mengikuti pembelajaran bahasa Arab dengan baik. SMA 1 Sragi adalah salah satu sekolah di Kabupaten Pekalongan yang menggunakan bahasa Arab sebagai pilihan mata pelajaran muatan lokal untuk bahasa Asing nya.
Berdasarkan latar belakang tersebut, penulis melakukan penelitian dengan judul Penerapan Active Learning “Index Card Match” dalam Pembelajaran Bahasa Arab di SMA 1 Sragi Kabupaten Pekalongan, dengan rumusan masalah sebagai berikut: Bagaimana penerapan active learning “index card match” dalam pembelajaran bahasa Arab di SMA 1 Sragi? Dan faktor-faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat penerapan active learning “index card match” dalam pembelajaran bahasa Arab di SMA 1 Sragi?
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian adalah penelitian lapangan. Metode yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis model Miles dan Huberman.
Hasil penelitian ini adalah pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan pendekatan active learning “index card match” berjalan dengan baik, meski dalam pelaksanaan di lapangan terjadi variasi dalam pelaksanaan index card match . Disamping itu ada beberapa faktor pendukung dalam pelaksanaanya yaitu diantaranya adalah; guru menguasai materi, guru mampu mengkondisikan siswa, antusias siswa saat mengikuti pelajaran, dan kelengkapan bahan ajar. Sedangkan faktor penghambatnya adalah siswa yang tidak menguasai materi.
17SK1721387.00 | SK PAI 17.387 WID p | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain