SKRIPSI PAI
Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di SMP Muhammadiyah Wiradesa, Kabupaten Pekalongan
Pendidikan Agama Islam (PAI) menekankan penanaman iman dan akhlak mulia. Pendidikan tersebut diberikan dengan mengikuti tuntunan bahwa agama diajarkan kepada manusia dengan visi untuk mewujudkan manusia yang bertakwa kepada Allah dan berakhlak mulia, serta bertujuan untuk menghasilkan manusia yang jujur, adil, berbudi pekerti, etis, saling menghargai, disiplin, harmonis dan produktif, baik personal maupun sosial. Selain itu, PAI juga diharapkan menghasilkan manusia yang selalu berupaya menyempurnakan iman, takwa dan akhlak, serta aktif membangun peradaban dan keharmonisan kehidupan, khususnya dalam memajukan peradaban bangsa yang bermartabat. Manusia seperti itu diharapkan tangguh dalam menghadapi tantangan, hambatan, dan perubahan yang muncul dalam pergaulan masyarakat baik dalam lingkup lokal, nasional, regional maupun global. Rumusan masalah yang penulis ajukan dalam penelitian ini adalah Bagaimana proses pembelajaran mata pelajaran Aqidah Akhlak di SMP Muhammadiyah Wiradesa, Kabupaten Pekalongan, bagaimana upaya guru dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran mata pelajaran Aqidah Akhlak di SMP Muhammadiyah Wiradesa, Kabupaten Pekalongan, faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat upaya guru dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran mata pelajaran Aqidah Akhlak di SMP Muhammadiyah Wiradesa, Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Untuk mengetahui Bagaimana proses pembelajaran mata pelajaran Aqidah Akhlak di SMP Muhammadiyah Wiradesa, Kabupaten Pekalongan, mengetahui bagaimana upaya guru dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran mata pelajaran Aqidah Akhlak di SMP Muhammadiyah Wiradesa, Kabupaten Pekalongan, mengetahui faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat upaya guru dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran mata pelajaran Aqidah Akhlak di SMP Muhammadiyah Wiradesa, Kabupaten Pekalongan. Hasil penelitian ini diharapkan berguna untuk menambah wawasan dan juga memberikan referensi baru bagi perkembangan ilmu pengetahuan, khususnya dalam bidang disiplin ilmu pendidikan, dalam mengetahui Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Di SMP Muhammadiyah Wiradesa, Kabupaten Pekalongan.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research). Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Penelitian ini menggunakan metode analisis data kuanlittif deskriptif.
Dari analisa proses pembelajaran mata pelajaran aqidah akhlak di SMP Muhammadiyah Wiradesa, kabupaten Pekalongan sudah bisa dikatakan baik karena guru PAI selalu berupaya membuat peserta didik atau siswa dapat belajar, butuh belajar, terdorong belajar, mau belajar, tertarik untuk terus menerus mempelajari agama islam. Upaya guru dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran mata pelajaran Aqidah Akhlak di SMP Muhammadiyah Wiradesa yaitu mengikuti pelatihan MGMP, Work Shop, mengikuti penataran-penataran, guru harus lebih sering komunikasi, diskusi sesama guru PAI dari sekolah lain, menggunakan LCD, menggunakan metode pembelajaran yang menarik. Faktor pendukung, diantaranya: siswa sudah inisitif dan aktif sendiri mencari bahan ilmu dari luar sekolah. Faktor penghambat, diantaranya: sarana dan prasarana sekolah kurang lengkap dan terbatas, kurangnya kelas dalam proses pembelajaran, referensi dan buku pegangan guru PAI berbeda dan belum sama antar SMP Muhammadiyah sekota dan kabupaten, sejawa tengah, hanya menggunakan LKS dan catatan foto copy an.
17SK1721383.00 | SK PAI 17.383 BAS u | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain