SKRIPSI PAI
Penggunaan Metode Qiroati dalam Pembelajaran Al Quran di TPQ At-Taufiqy Desa Yosorejo Petungkriyono Pekalongan
Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an dengan menggunakan metode Qiro’ati
telah digunakan di TPQ At Taufiqy Desa Yosorejo Petungkriyono Pekalongan.
Selanjutnya dilihat dari hasil belajar BTQ rata-rata siswa TPQ At Taufiqy Desa
Yosorejo Petungkriyono Pekalongan mempunyai prestasi belajar BTQ yang baik.
Hal tersebut disebabkan karena metode Qiro’ati merupakan suatu metode membaca
Al-Qur’an yang langsung memasukkan dan mempraktekkan bacaan tartil sesuai
dengan kaidah ilmu tajwid, sehingga siswa lebih mudah dalam belajar membaca Al-
Qur’an dengan benar. Selain itu metode Qiro’ati ini dapat mempermudah sekaligus
mempercepat cara belajar baca Al-Qur’an anak-anak.
Rumusan masalah yang dikaji dalam skripsi ini adalah Bagaimana
penggunaan metode qiro’ati dalam pembelajaran Al-Qur’an di TPQ At Taufiqy Desa
Yosorejo Petungkriyono Pekalongan? Faktor apa yang mendukung dan menghambat
penggunaan metode qiro’ati dalam pembelajaran Al-Qur’an di TPQ At Taufiqy Desa
Yosorejo Petungkriyono Pekalongan?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui penggunaan metode qiro’ati dalam pembelajaran Al-Qur’an di
TPQ At Taufiqy Desa Yosorejo Petungkriyono Pekalongan, untuk mengetahui faktor
yang mendukung dan menghambat penggunaan metode qiro’ati dalam pembelajaran
Al-Qur’an di TPQ At Taufiqy Desa Yosorejo Petungkriyono Pekalongan. Kegunaan
penelitian untuk memberikan wawasan keilmuan bagi guru TPQ At Taufiqy tentang
pentingnya penggunaan metode qiro’ati dalam pembelajaran Al-Qur’an.
Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Adapun
pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan metode
pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, wawancara dan dokumentasi.
Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan deskriptif analisis.
Berdasarkan pada analisis yang telah dibuat, dapat disimpulkan bahwa:
Pertama, Penggunaan metode qiro’ati dalam pembelajaran Al-Qur’an di TPQ At
Taufiqy Desa Yosorejo Petungkriyono Pekalongan telah berhasil karena nilai ratarata
peserta didik telah melampaui nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang
ditentukan. Keberhasilan penggunaan metode qiro’ati di TPQ At Taufiqy Desa
Yosorejo Petungkriyono Pekalongan terjadi khususnya pada jenjang jilid 3, jilid 4,
jilid 5 dan jilid 6 – Ghorib, sedangkan pada jenjang pra tk, jilid 1 dan jilid 2 peserta
didik belum mampu memahami penggunaan metode qiro’ati sehingga penggunaan
metode qiro’ati pada jenjang tersebut belum dapat dikatakan berhasil. Kedua, Faktor
yang mendukung penggunaan metode qiro’ati dalam pembelajaran Al-Qur’an di
TPQ At Taufiqy Desa Yosorejo Petungkriyono Pekalongan, antara lain: motivasi
guru, materi yang mendukung, perhatian dari segenap orang tua untuk mendampingi
anaknya dalam belajar membaca Al-Qur’an di rumah. Sedangkan yang menghambat,
antara lain: kurangnya konsentrasi peserta didik, kurangnya motivasi peserta didik
mengikuti pembelajaran Al-Qur’an, membutuhkan waktu yang cukup lama.
17SK1721382.00 | SK PAI 17.382 SUP p | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain