SKRIPSI PAI
Studi Komparasi Prestasi Belajar Antara Siswa yang Tinggal di Pesantren dan Siswa yang Tinggal di Luar Pesantren di MA Ribatul Mutaallimin Pekalongan Tahun Ajaran 2014/2015
Prestasi belajar semakin terasa penting untuk dikaji, karena mempunyai beberapa fungsi utama. Pertama, prestasi belajar sebagai indikator kualitas dan kuantitas pengetahuan yang telah dikuasi siswa. Apabila prestasi belajar siswa baik berarti siswa mempunyai kualitas dan kuantitas pengetahuan yang baik, begitu pula sebaliknya apabila prestasi belajar siswa itu rendah berarti kualitas dan kuantitasnyapun rendah. Keberadaan siswa di MA Ribatul Muta'allimin Pekalongan bila dilihat dari sisi tempat tinggalnya dapat dikelompokan menjadi dua yaitu siswa yang tinggal dipesantren dan siswa yang tinggal di luar pesantren atau yang tinggal bersama orang tuanya. Secara teoritik siswa yang tinggal di pesantren dalam prestasi belajarnya lebih baik daripada siswa yang tinggal di luar pesantren, itu dikarenakan karena situasi lingkungan di pesantren mendukung untuk para siswa yag tinggal di dalamnya. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan siswa yang tinggal di luar pesantren mendapat prestasi yang lebih baik dari siswa yang tinggal di pesantren karena banyak faktor yang mempengaruhi prestasi belajar seseorang.
Rumusan masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah bagaimana prestasi belajar siswa MA Ribatul Muta’allimin Pekalongan yang tinggal di pesantren tahun ajaran 2014/2015, bagaimana prestasi belajar MA Ribatul Muta’allimin Pekalongan yang tinggal di luar pesantren tahun ajaran 2014/2015, bagaimana perbandingan prestasi belajar MA Ribatul Muta’allimin Pekalongan antara siswa yang tinggal di pesantren dan siswa yang tinggal di luar pesantren tahun ajaran 2014/2015.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa MA Ribatul Muta’allimin Pekalongan tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 283 siswa, yang terdiri dari 105 siswa yang tinggal di pesantren dan 178 siswa yang tinggal di luar pesantren. Dalam penelitian ini penulsis mengambil sampel 15% dari jumlah populasi sehingga yang menjadi sampel siswa yang tinggal di pesantren adalah 15% x 105 siswa yaitu sebanyak 16 siswa, sedangkan siswa yang tinggal di luar pesantren 15% x 178 siswa yaitu 26 siswa. Metode untuk mengumpulkan data menggunakan dokumentasi. Jenis analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistic dengan rumus tes “t” untuk menyatakan adanya perbandingan prestasi belajar antara siswa yang tinggal di pesantren dan siswa yang tinggal diluar pesantren di MA Ribatul Muta’allimin Pekalongan tahun ajaran 2014/2015.
viii
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar antara siswa yang tinggal di peantren dan siswa yang tinggal di luar pesantren di MA Ribatul Muta’allimin Pekalongan tahun ajaran 2014/2015. Dalam penelitian ini diketahui bahwa analisis perbandingan dari kedua hal tersebut diperoleh hasil to = 1,0276 sedangkan tt pada taraf signifikan 5% = 2,042 dan 1% = 2,750. Karena to lebih besar dati tt maka dapat ditarik kesimpulan terdapat perbedaan prestasi belajar antara siswa yang tinggal di pesantren dan siswa yang tinggal di luar pesantren di MA Ribatul Muta’allimin Pekalongan tahun ajaran 2014/2015. Dengan demikian hipotesa nihil (Ho) diterima dan hipotesa alternative (Ha) ditolak.
17SK1721376.00 | SK PAI 17.376 LAT s | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain