SKRIPSI EKOS
Pengaruh Profit Sharing, Promosi Dan Brand Image Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Berinvestasi Pada KOPENA Pekalongan Cabang Kedungwuni Tahun 2015
Kata kunci: profit sharing, promosi, brand image dan keputusan berinvestasi
Profit sharing, promosi dan brand image sangat eratnya dalam keputusan
berinvestasi karena nasabah dalam melakukan investasi mempertimbangkan
beberapa hal yaitu: profit sharing, jika prosentasenya besar serta promosi yang
dilakukan koperasi menarik dan brand image koperasi dimata masyarakat sangat
baik maka nasabah akan tertarik untuk menginvestasikan hartanya. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh profit sharing, promosi dan brand image
terhadap keputusan nasabah dalam berinvestasi pada Kopena Pekalongan Cabang
Kedungwuni tahun 2015.
Penelitian ini merupakan penelitian model kuantitatif dengan menggunakan
metode kuesioner untuk pengumpulan data, serta menggunakan analisis regresi
berganda untuk mengetahui arah dan pengaruh variabel independen terhadap
variabel dependen. Analisis regresi berganda dilakukan dari hasil kuesioner yang
telah diisi oleh nasabah Kopena Pekalongan cabang Kedungwuni tahun 2015
yaitu, 91 nasabah Kopena Pekalongan cabang Kedungwuni tahun 2015 yang
berinvestasi pada simpanan hari raya.
Berdasarkan penelitian ini menunjukkan bahwa profit sharing, promosi dan
brand image mampu mempengaruhi keputusan berinvestasi sebesar 38,5% yang
terlihat dari nilai adjusted R square dan sisanya dipengaruhi variabel lain yang
tidak termasuk dalam model. Profit sharing memiliki thitung sebesar 1,997
sedangkan ttabel adalah 1,9876. Hasil uji statistik tersebut menunjukkan bahwa
thitung > ttabel (1,997 > 1,9876). Maka variabel profit sharing secara parsial
berpengaruh positif terhadap keputusan berinvestasi. Promosi memiliki thitung
sebesar 2,246 sedangkan ttabel adalah 1,9876. Hasil uji statistik tersebut
menunjukkan bahwa thitung > ttabel (2,246 > 1,9876). Maka variabel promosi secara
parsial berpengaruh positif terhadap keputusan berinvestasi. Brand image
memiliki thitung sebesar 3,680 sedangkan ttabel adalah 1,9876. Hasil uji statistik
tersebut menunjukkan bahwa thitung > ttabel (3,680 > 1,9876). Maka variabel brand
image secara parsial berpengaruh positif terhadap keputusan berinvestasi.
Sementara secara simultan profit sharing, promosi dan brand image mampu
mempengaruhi keputusan berinvestasi. Hal ini dibuktikan melalui Fhitung sebesar
19,805 sedangkan Ftabel adalah 2,71. Hasil uji statistik tersebut menunjukkan
bahwa Fhitung > Ftabel (19,805 > 2,71).
17SK1713082.00 | SK EKOS 17.082 HAM p | My Library (Lantai 3 Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain