SKRIPSI PAI
Hubungan Antara Pengelolaan Kelas dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran al Quran Hadits Kelas VII MTs Miftahul Hidayah Bandar Batang
Pendidikan merupakan kebutuhan manusia yang sangat penting dalam kehidupan manusia itu sendiri. Karena pendidikan dapat membentuk pribadi manusia seutuhnya dan berlangsung seumur hidup. Oleh karena itu sangat wajar bila bidang pendidikan termasuk hal yang sangat diperhatikan selain bidang yang lain. Adapun pengelolaan kelas merupakan seperangkat kegiatan guru untuk menciptakan dan mempertahankan kondisi belajar yang optimal bagi terciptanya proses pembelajaran serta dalam rangka meningkatkan mutu prestasi belajar siswa.
Berdasarkan uraian diatas, maka penulis mengemukakan rumusan masalahnya sebagai berikut, yaitu : Bagaimana pengelolaan kelas di MTs Miftahul Hidayah Bandar ?, Bagaimana prestasi belajar Al-Qur’an Hadits kelas VII di MTs Miftahul Hidayah Bandar ?, Bagaimana hubungan pengelolaan kelas dengan prestasi belajar Al-Qur’an Hadits kelas VII di MTs Miftahul Hidayah Bandar ?. Adapun tujuan penelitian ini Untuk mengetahui pelaksanaan pengelolaan kelas yang dilakukan guru di MTs Miftahul Hidayah Bandar terutama pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits, Untuk mengetahui prestasi belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Miftahul Hidayah Bandar, Untuk mengetahui hubungan pengelolaan kelas dengan prestasi belajar pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Miftahul Hidayah Bandar.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan (Fiel research) dengan pendekatan secara kuantitatif. Sedangkan untuk mengumpulkan data,penulis menggunakan angket, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan rumus statistik Product Moment.
Analisis data hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Pengelolaan kelas mata pelajaran Al-Qur’an Hadits MTs Miftahul Hidayah dalam kategori baik, hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata adalah 68. 2) Tingkat prestasi belajar kelas VII mapel Al-Qur’an Hadits MTs Miftahul Hidayah dalam kategori cukup baik, dengan nilai rata-rata 66. 3) Adapun pengelolaan kelas mempunyai korelasi positif yang signifikan dengan prestasi belajar Al-Qut’an Hadits kelas VII MTs Miftahul Hidayah. Hal itu dibuktikan dengan angka koefisien korelasi sebesar 0,967. Angka koefisien korelasi tersebut menunjukkan hubungan yang sangat kuat antara pengelolaan kelas dengan prestasi belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VII MTs Miftahul Hidayah Bandar.
17SK1721368.00 | SK PAI 17.368 LAI h | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain