SKRIPSI PAI
Relevansi Konsep Belajar dalam Kitab Washoya al Abaa Li Al Abnaa Karya Syaikhmuhammad Syakir al Iskandari Terhadap Prestasi Belajar Anak
Belajar adalah alat untuk mengetahui berbagai macam ilmu pengetahuan.
Setiap anak memiliki cara belajar yang berbeda dengan anak yang lain yang
ditempuh. Masing-masing cara memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun, jika
anak dapat mengetahui cara belajar yang tepat, tentunya akan meraih sebuah
prestasi belajar.
Rumusan masalah yang dibahas dalam skripsi ini adalah bagaimana
konsep belajar dalam kitab Washoya Al-Abaa’ Li Al-Abnaa’ karya Syaikh
Muhammad Syakir Al-Iskandari dan bagaimana relevansi konsep belajar dalam
kitab Washoya Al-Abaa’ Li Al-Abnaa’ karya Syaikh Muhammad Syakir Al-
Iskandari terhadap prestasi belajar anak. Adapun tujuan dalam pendidikan ini
adalah untuk mengetahui konsep belajar dalam kitab Washoya Al-Abaa’ Li Al-
Abnaa’ karya Syaikh Muhammad Syakir Al-Iskandari dan relevansinya terhadap
prestasi belajar anak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu dilakukan
terhadap data yang berupa informasi, uraian dalam bentuk bahasa prosa kemudian
dikaitkan dengan data lainnya untuk mendapatkan kejelasan terhadap suatu
kebenaran, sehingga memperoleh gambaran baru ataupun menguatkan suatu
gambaran yang sudah ada. Jadi bentuk analisis ini merupakan penjelasanpenjelasan
bukan berupa angka-angka statistik atau bentuk angka lainnya. Dalam
menganalisa data-data yang ada, penulis menggunakan analisa data kualitatif,
karena penelitian ini bersifat kajian kepustakaan murni.
Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa konsep belajar dalam kitab
Washoya Al-Abaa’ Li Al-Abnaa’ karya Syaikh Muhammad Syakir Al-Iskandari
mencakup dua hal, yakni: belajar individu dan belajar kelompok. Belajar individu
meliputi membaca; menulis; mendengarkan; menghafal; mengulangi pelajaran;
dan bertanya. Sedangkan belajar kelompok meliputi: kerja kelompok dan diskusi.
Sedangkan relevansi konsep belajar dalam kitab Washoya Al-Abaa’ Li Al-Abnaa’
karya Syaikh Muhammad Syakir Al-Iskandari terhadap prestasi belajar anak
mencakup tiga hal, yakni: modalitas belajar atau gaya belajar, pentingnya
motivasi berprestasi dalam belajar dan hasil belajar.
17SK1721367.00 | SK PAI 17.367 CHA r | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain