SKRIPSI PAI
Pelaksanaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) pada Kelompok Bermain Masyithoh 08 Kramatsari Pekalongan (Tinjauan, Tujuan, materi dan Metode)
Pendidikan yang dilakukan dengan objek pada anak-anak yang masih dini dengan istilah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ternyata berdasarkan penelitian memiliki pengaruh yang besar terhadap perubahan kejiwaan bagi anak pada tahapan-tahapan usia berikutnya. Dengan digulirkannya progam Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sekarang ini diharapkan mampu mewujudkan apa yang menjadi tujuan dari pendidikan itu sendiri. Salah satunya pendirian PAUD yang ada di desa Kramatsari Kota Pekalongan yang berdiri pada tahun 2001
Rumusan masalah dalam penulisan ini adalah: 1) Bagaiman Pelaksanaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kelompok Bermain Masyithoh 08 Kramatsari Pekalongan ditinjau dari tujuan, materi dan metode?’ 2) Apakah Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kelompok Bermain Masyithoh 08 Kramatsari Pekalongan?. Tujuan dalam penelitian ini adalah; (1) Untuk mengetahui pelaksanaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kelompok Bermain Masyithoh 08 Kramatsari Pekalongan ditinjau dari tujuan, materi dan metode; dan (2) Untuk mengetahui Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kelompok Bermain Masyithoh 08 Kramatsari Pekalongan. Sedangkan kegunaan dari penelitian ini terbagi dalam kegunaan teoritis dan praktis. Secara teoritir sebagai khazanah perpustakaan pendidikan Islam dan dapat dijadikan sebagai sarana informasi mengenai pengembangan pendidikan anak usia dini, secara praktis memberi masukan bagi para orang tua, kelapa sekolah dan penulis tentang terselenggaranya pendiidkan Pendidikan Anak Usia Dini pada Kelompok Bermain Masyithoh 08 Kramatsari Pekalongan.
Adapun jenis penelitian dari penulisan skripsi ini adalah penelitian lapangan, dimana penelitian yang digunakan adalah kancah kehidupan yang sebenarnya. Metode atau teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan analisis kualitatif yang merupakan suatu pendekatan penelitian yang berorientasi pada fenomena-fenomena atau gejala yang bersifat alami.
Pelaksanaan Pendidikan Anak Usia Dini di Kelompok Bermain Masyithoh 08 Kramatsari Pekalongan secara tujuan, materi dan metode yang dikembangkan telah memenuhi standar yang telah dilakukan dan proses pembelajaran betul-betul telah mengembangkan perkembangan anak secara optimal sesuai dengan harapan. Faktor pendukung pendidikan anak usia dini (PAUD) bagi siswa di Kelompok Bermain Masyithoh 08 Kramatsari Pekalongan antara lain: (a) Kesiapan guru dalam melakukan srategi pendidikan anak usia dini tersebut, (b) Kesiapan anak didik dalam menerima materi, (c) Suasana pembelajaran yang mampu diciptakan dengan sebaik-bainya, dan (d) Pengembangan manajemen yang diterapkan dalam pengaturan jadwal pembelajaran dan pelaksanaan kurikulum yang memperhatikan pada tingkat kemampuan peserta didik. Sedangkan yang menjadi faktor penghambatnya antara lain: (a) Terbatasanya dukungan orang tua anak didik untuk menunjang kegiatan pendidikan anak usia dini (PAUD) yang dilakukan di Kelompok Bermain Masyitoh tersebut., (b) Tidak semua anak didik mampu mengikuti kegiatan pembelajaran dengan optimal, dan (c) Ketersediaan media dan sumber belajar yang terbatas untuk pelaksanaan pendidikan anak usia dini (PAUD) sehingga kurang mendukung proses pembelajaran materi pendidikan anak usia dini (PAUD) tersebut secara optimal pula.
17SK1721362.00 | SK PAI 17.362 RIZ p | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain