SKRIPSI PAI
Peran Guru PAI dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa di SMPN 1 Bojong Kabupaten Pekalongan
Secara umum sekolah menengah pertama didominasi oleh anak masa remaja awal yang masih labil dan bisa dengan mudah terpengaruh hal yang negatif. Hal ini sesuai dengan kondisi di SMPN 1 Bojong Kabupaten Pekalongan. Sekolah tersebut mempunyai latarbelakang siswa yang bervariasi seperti halnya siswa yang lebih suka acara hiburan daripada acara yang religius yang diadakan oleh sekolah dan masih ada siswa yang pengetahuan agamanya. Keadaan input siswa yang bervariasi terutama menyangkut masalah keagamaan sangat menentukan sikap dan tingkah laku siswa.
Rumusan masalah dalam skripsi ini meliputi: 1) bagaimana kecerdasan spiritual siswa di SMPN 1 Bojong, 2) bagaimana peran guru dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di SMPN 1 Bojong dan3) faktor apa saja yang mendukung dan menghambat dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di SMPN 1 Bojong. Tujuan Penelitiannya adalahuntuk mengetahui kecerdasan spiritual siswa, untuk mengeksplorasi peran guru dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa dan untuk menngetahui faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di SMPN 1 Bojong.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), pendekatan penelitiannya yakni pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancaradan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Sedangkan analisis yang digunakan yaitu teknik deskriptif yaitu mengungkapkan dan memaparkan data serta fakta yang sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecerdasan spiritual siswa di SMP N 1 Bojong sudah baik dan lebih ditingkatkan lagi oleh guru PAI di SMP N 1 Bojong melalui kegiatan spiritual yang ada di sekolah dan peran guru PAI dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di SMPN 1 Bojong meliputi: motivator, fasilitator, organisator, informator dan konselor. Faktor pendukungnya meliputi: Sarana dan prasarana yang lengkap dan dukungan dari Orang tua. Adapun faktor yang menghambat meliputi: Kurangnya kerjasama dari guru yang lain yaitu selain guru PAI, kepedulian orang tua terhadap agama siswa.
17SK1721360.00 | SK PAI 17.360 QOD p | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain