SKRIPSI PAI
Peran Taman Pendidikan Al Quran (TPQ) dalam Mengembangkan Kemampuan Baca Tulis Al Quran (BTQ) Pada Anak di Dukuh Kludan Desa Karanganom Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang
Perkembangan pendidikan Al-Qur’an yang semakin pesat dengan berbagai variasinya menandai tingginya tingkat kesadaran masyarakat muslim Indonesia akan bekal pendidikan Al-Qur’an sejak dini bagi generasi mereka. Untuk memenuhi kebutuhan anak dalam mengembangkan kemampuan BTQ salah satunya adalah di TPQ. Pendidikan ini harus diberikan kepada anak, karena pendidikan yang ditanamkan kepada anak merupakan pengendali dalam menghadapi segala keinginan dan dorongan-dorongan yang timbul dalam dirinya.
Permasalahan yang menjadi pokok kajian dalam skripsi ini adalah sebagai berikut: 1.Bagaimana peran TPQ dalam mengembangkan kemampuan BTQ pada anak di dukuh Kludan desa Karanganom kecamatan Kandeman kabupaten Batang? 2.Bagaimana faktor pendukung dan penghambat TPQ dalam mengembangkan kemampuan BTQ pada anak di dukuh Kludan desa Karanganom kecamatan Kandeman kabupaten Batang?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran TPQ dalam mengembangkan kemampuan BTQ pada anak di dukuh Kludan desa Karanganom kecamatan Kandeman kabupaten Batang, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat TPQ dalam mengembangkan kemampuan BTQ pada anak di dukuh Kludan desa Karanganom kecamatan Kandeman kabupaten Batang.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif karena dalam penelitian ini termasuk penelitian lapangan atau field research dan data primernya menggunakan data yang bersifat verbal yaitu berupa deskriptif yang diperoleh dari lapangan. Oleh karena itu, peneliti akan menempuh tiga langkah utama dalam penelitian ini, yaitu: 1.Reduksi Data, 2.Penyajian Data, 3.Penarikan Kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an pada anak di TPQ Baiturrohman dukuh Kludan itu berbeda-beda dalam membaca, menulis, dan menghafal huruf Al-Qur’an. TPQ berperan untuk membuat peserta didik pintar dalam menulis Arab/BTQ, membaca Al-Qur’an dengan baik sesuai tajwid, bisa membaca jilid dan Al-Qur’an diusia yang masih anak-anak (dini), agar mengerti arti Al-Qur’an, serta menjadi ahli surga/masuk surga. Kebiasaan mengikuti kegiatan keagamaan di TPQ menjadikan anak-anak di dukuh Kludan khususnya terbiasa untuk berperilaku yang baik sesuai dengan norma-norma keagamaan yang terkandung dalam Al-Qur’an. Faktor pendukungnya adalah guru, peserta didik, serta sarana dan prasarana. Adapun faktor penghambatnya ada dua yaitu faktor internal (rasa malas, berbicara/bercanda dengan teman, serta bosan dan ngantuk) dan faktor eksternal (kurangnya alat peraga, metode tidak bervariasi, dan kurangnya kedisiplinan).
17SK1721359.00 | SK PAI 17.359 IST p | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain