SKRIPSI PAI
Pembentukan Karakter Islami Peserta Didik di Sekolah Berbasis Pesantren (Studi Kasus di SMP NU BP Pajomblangan)
Era globalisasi yang segala sesuatunya dimudahkan oleh adanya modernisasi (perkembangan teknologi), tentunya akan merubah keadaan suatu bangsa. Terutama bagi negara yang sebagian besar penduduknya lebih bersifat konsumtif dan latah dalam hal meniru kebiasaan dari luar negeri. Hal ini tentunya juga akan berimbas pada moralitas suatu bangsa. Apabila tidak ada upaya untuk menyaring dan memilah dalam menerima suatu budaya asing, maka akan menimbulkan masalah dikemudian hari, salah satunya adalah karakter generasi muda (peserta didik).
Dari latar belakang tersebut penulis merumuskan masalah :1)Bagaimana pelaksanaan pembentukan karakter Islami peserta didik di SMP NU BP Pajomblangan?.2) Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan karakter Islami peserta didik di SMP NU BP Pajomblangan?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) Mengetahui pelaksanaan pembentukan karakter Islami peserta didik di SMP NU BP Pajomblangan 2) Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan karakter Islami peserta didik di SMP NU BP Pajomblangan.
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research), pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Pengumpulan data yang dilakukan melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang didapat kemudian dianalisis dengan menggunakan model deskriptif dengan mengacu pada teori Milles and Huberman.
Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan pembentukan karakter Islami peserta didik di SMP NU BP Pajomblangan dilakukan dalam tiga proses yaitu perencanaan, proses pembelajaran dan kegiatan ekstrakurikuler serta organisasi sekolah. Untuk metodenya menggunakan pembiasaan dan keteladanan. Pembiasaan dilakukan dengan membiasakan peserta didik membaca do’a sebelum dan setelah pembelajaran, melakukan kebersihan kelas, sholat dhuha dan dzuhur berjamaah, kemah ar-Riyadhoh, pemilihan ketua OSIS, PHBI dan kegiatan spontanitas. Sedangkan metode keteladanan yaitu guru menjadi contoh bagi peserta didik. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan karakter Islami peserta didik dibagi menjadi dua yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukungnya yaitu guru profesional, sarana prasarana dan dukungan dari masyarakat. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu keluarga, Kepribadian peserta didik yang kurang baik, kemajuan teknologi dan lingkungan pergaulan.
17SK1721357.00 | SK PAI 17.357 IRM p | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain