SKRIPSI PAI
Implementasi Kitab Riayah Karya Syeikh Ahmad Rifai dalam Pendidikan Akhlak Modern
Dikehidupan modern ini memang segala sesuatunya semakin maju baik ilmu pengetahuan maupun teknologi. Akan tetapi seiring dengan kemajuan jaman pendidikan akhlak yang sangat penting guna menunjang moralitas anak bangsa malah semakin tergerus oleh modernitas. Oleh karena itu pendidikan akhlak harus terus menjadi tujuan utama dalam sebuah pendidikan.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pokok pemikiran syeikh Ahmad Rifa’i mengenai pendidikan akhlak berdasarkan kitab Riayah ? dan bagaimanakah pokok pemikiran pendidikan akhlak modern. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pokok pemikiran syeikh Ahmad Rifa’i mengenai pendidikan akhlak berdasarkan kitab Riayah dan untuk mengetahui pokok pemikiran pendidikan akhlak modern.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan termasuk jenis penelitian kepustakaan (Library Research). Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentasi. Sedangkan jenis analisis datanya menggunakan content analysis.
Poin pendidikan akhlak yang terdapat dalam kitab Riayah dari mulai akhlak terpuji meliputi: Zuhud, Qona’ah, Sabar, Tawakal, Mujahadah, Ridha, Syukur dan Ikhlas; dan akhlak tercela meliputi: Takabur, Riya’dan Hasud. Dan gambaran pendidikan akhlak modern ini yang lebih mengedepankan ilmu pengetahuan dan mengacu pada budaya barat. Ketergantungan dengan teknologi yang mulai maju yang bahkan sampai lupa tentang pendidikan akhlak untuk generasi yang akan datang. Dan juga pendidikan akhlak kehidupan modern ini telah mangacu pada liberalis. Jadi dari apa yang sudah dijelaskan diatas bahwa pendidikan akhlak yang ada dalam kitab Riayah karya Syeikh Ahmad Rifa’i ini sesuai untuk diterapkan pada pendidikan akhlak kehidupan modern. Yang nantinya berguna sebagai pedoman evaluasi secara keseluruhan.
17SK1721352.00 | SK PAI 17.352 UMA i | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain