SKRIPSI PAI
Aplikasi Penilaian KTSP pada Mapel Fiqih Kelas IX di MTs Ahmad Yani Kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang
Pendidikan nasional diselenggarakan berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar Republik Indonesia 1945. Tujuannya adalah mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang bertanggung jawab, dan semua itu tidak dapat diketahui tanpa adanya suatu penilaian. Penilaian adalah suatu prosedur sistematis dan mencakup kegiatan mengumpulkan,menganalisis, serta menginterpretasikan informasi yang dapat digunakan untuk membuat kesimpulan tentang karakteristik seseorang atau objek. Namun dalam pelaksanaannya, penilaian yang dilaksanakan guru kebanyakan hanya menggunakan bentuk tes ulangan harian atau tes tertulis, sehingga nilai atau hasil belajar peserta didik masih banyak yang dibawah KKM khususnya mata pelajaran fiqih kelas IX, padahal evaluasi yang sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) harus sesuai dengan standar penilaian yang meliputi ranah kognitif, psikomotorik dan afektif dan keberhasilan pembelajaran peserta didik tidak bisa terlihat ketika proses penilaian tidak bisa dilakukan dengan baik.
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka penulis mengajukan tiga rumusan masalah antara lain: (1) Bagaimana pelaksanaan KTSP pada mapel fiqih kelas IX di MTs Ahmad Yani Kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang? (2) Bagaimana aplikasi penilaian KTSP pada mapel fiqih kelas IX di MTs Ahmad Yani Kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang? (3) Bagaimana hambatan aplikasi penilaian KTSP pada mapel fiqih kelas IX di MTs Ahmad Yani Kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan dan aplikasi penilaian KTSP beserta hambatan-hambatannya pada mapel fiqih kelas IX di MTs Ahmad Yani Kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang. Adapun manfaat penelitian ini untuk menambah dan memperluas wawasan keilmuan, khususnya dalam hal metode penilaian KTSP pada mapel fiqih.
Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan yang bersifat kualitatif karena dasar yang dihasilkan adalah data deskriptif. Sedangkan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan yaitu, yaitu jenis penelitian yang dilakukan secara intensif, terperinci dan mendalam terhadap suatu organisasi, lembaga dan gejala tertentu, dalam hal ini adalah penelitian yang dilakukan di lembaga pendidikan ma’arif NU MTs Ahmad Yani Kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain dengan
metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis yang digunakan adalah model analisis Miles and Huberman.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan KTSP di MTs Ahmad Yani Kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang sudah berjalan sejak di cetuskannya KTSP pada tahun 2006, dan dalam proses pelaksanaannya mengalami perkembangan secara bertahap menjadi lebih baik, untuk pengaplikasian penilaian model KTSP di MTs Ahmad Yani Wonotunggal, dari perencanaan yang meliputi penentuan indikator serta KKM sudah dilakukan dengan baik, pelaksanaan pembelajaran dan penilaian yang terdiri dari prinsip sohih, objektif, adil, terpadu, terbuka, menyeluruh dan berkesinambungan, sistematis, beracuan kriteria dan akuntabel, teknik dalam penilaian dalam mapel fiqih kelas IX ini menggunakan 3 teknik dari 7 teknik yang ditawarkan oleh KTSP yakni teknik tertulis, teknik sikap dan teknik unjuk kerja, untuk penilaian menggunakan instrumen penilaian pedoman, hanya saja masih terdapat berbagai hambatan dalam pengaplikasian ranah penilaian psikomotorik.
17SK1721345.00 | SK PAI 17.345 ADN a | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain