SKRIPSI PAI
Tradisi Pembacaan Kitab Tarajumah sebagai Metode Internalisasi Pemahaman Agama Islam Ummahatur Rifaiyah (Studi Kasus di Desa Paesan Kedungwuni Pekalongan)
Penelitian ini dilatar belakangi karena pentingnya pendidikan Islam bagi setiap muslim, serta melihat rutinitas kegiatan keagamaan jama’ah Ummahatur Rifa’iyah (UMRI) Paesan Kedungwuni Pekalongan. Dalam setiap kegiatan keagamaan, mereka selalu membaca kitab Tarajumah karya KH. Ahmad Rifa’i. Dalam kegiatan tersebut mereka juga bertanya jawab tentang ilmu ushuluddin, fikih, dan tasawuf. Jama’ah Ummahatur Rifa’iyah (UMRI) pun dapat menjawab dengan lancar apa yang ditanyakan oleh pengasuh. Hal ini yang membuat penulis tertarik melakukan penelitian. Dimana berbeda dengan masyarakat pada umumnya, jika ditanya terkait keimanan, fikih dan tasawuf mereka belum tentu mengetahui, sementara jama’ah Ummahatur Rifa’iyah mengetahui tentang ilmu ushuluddin, fikih, dan tasawuf.
Dari uraian tersebut di atas, maka dirumuskan permasalahan yaitu: (1) Bagaimana tradisi pembacaan kitab Tarajumah di Ummahatur Rifa’iyah Paesan Kedungwuni Pekalongan. (2) Bagaimana tradisi pembacaan kitab Tarajumah sebagai metode internalisasi pemahaman agama Islam Ummahatur Rifa’iyah di desa Paesan Kedungwuni Pekalongan. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk menganalisis tradisi pembacaan kitab Tarajumah di desa Paesan Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. (2) Untuk menganalisis tradisi pembacaan kitab Tarajumah sebagai metode internalisasi pemahaman agama Islam Ummahatur Rifa’iyah di desa Paesan Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Kegunaan dari penelitian ini secara teoritis adalah: (1) Dapat menambah khasanah keilmuan dalam bidang pendidikan agama Islam. (2) dapat digunakan sebagai bahan kajian atau informasi bagi pihak-pihak yang membutuhkan. Kegunaan secara praktisnya adalah: (1) dapat memberikan masukan dalam pelaksanaan tradisi pembacaan kitab Tarajumah. (2) Sebagai bahan evaluasi atau dapat dijadikan acuan dalam rangka untuk meningkatkan pemahaman agama Islam Ummahatur Rifa’iyah pada khususnya dan umat Islam pada umumnya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian fenomenologis – naturalistik. Teknik atau metode pengumpulan datanya adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis induktif.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan, bahwa dalam pelaksanaan tradisi pembacaan kitab tarajumah di Ummahatur Rifa’iyah (UMRI) Paesan menggunakan strategi pembelajaran dan metode pendidikan Islam. Strategi pembelajaran yang digunakan adalah strategi pembelajaran langsung, dimana pengasuh yang menyampaikan materi secara verbal, yang dalam strategi pembelajaran dikenal dengan strategi ekspositori. Metode pendidikan Islam yang digunakan dalam pembacaan kitab Tarajumah antara lain: metode sorogan, hafalan, pembiasaan, bandungan, tanya jawab, dan demonstrasi atau praktek. Melalui strategi dan metode dalam pembacaan kitab Tarajumah karangan KH. Ahmad Rifa’i tersebut, Ummahatur Rifa’iyah (UMRI) Paesan memiliki pemahaman terhadap ajaran agama Islam, yaitu pemahaman tentang akidah, syari’ah, dan akhlak. Dari pemahaman tersebut, mereka memiliki religious belief, religious practice, religious feeling, religious knowledge,dan religious effect.
17SK1721341.00 | SK PAI 17.341 YUL t | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain