SKRIPSI PAI
Studi Komparasi Prestasi Belajar Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Siswa Kelas VII MTs Simbangkulon II Antara Siswa yang Belajar dengan yang Tidak Belajar di Madrasah Diniyah
Keberadaan siswa kelas VII di MTs S Simbangkulon II bila dilihat dari kegiatan di luar sekolahnya dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu siswa yang belajar di Madrasah Diniyah dan siswa yang tidak belajar di Madrasah Diniyah. Siswa yang menggunakan waktu untuk belajar di Madrasah Diniyah akan memungkinkan mereka untuk tidak bebas bermain sehingga mereka tidak akan menghabiskan waktunya hanya untuk bermain saja. Karena dalam kesehariannya sudah terjadwal dengan rapi yaitu pagi sampai siang belajar di sekolah, sore belajar di Madrasah Diniyah dan di malam hari menghabiskan waktu untuk mempersiapkan apa yang akan dipelajari di keesokan harinya. Sedangkan siswa yang tidak belajar di Madrasah Diniyah cenderung bebas dalam menentukan aktifitasnya. Mereka yang tidak belajar di Madrasah Diniyah bisa membaur dengan semua orang, baik itu dengan yang masih sekolah, atau yang sudah selesai sekolah dan bahkan yang tidak sekolah. Dengan keadaan seperti ini maka siswa yang tidak belajar di Madrasah Diniyah harus pintar dalam memilih teman bergaul dan harus pandai-pandai dalam menggunakan waktunya baik untuk belajar maupun bermain. Oleh karena itu, antara siswa yang belajar dengan yang tidak belajar di Madrasah Diniyah mempunyai perbedaan. Perbedaan itu terletak pada keseharian siswa. Sehingga memungkinkan prestasi belajar yang diperolehpun berbeda.
Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana prestasi belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak siswa kelas VII MTs S Simbangkulon II bagi siswa yang belajar di Madrasah Diniyah?, (2) Bagaimana prestasi belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak siswa kelas VII MTs S Simbangkulon II bagi siswa yang tidak belajar di Madrasah Diniyah?, dan (3) Bagaimana perbedaan prestasi belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak siswa kelas VII MTs S Simbangkulon II antara siswa yang belajar dengan yang tidak belajar di Madrasah Diniyah. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengkomparasikan prestasi belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak siswa kelas VII MTs S Simbangkulon II antara siswa yang belajar dengan yang tidak belajar di Madrasah Diniyah. Sedangkan kegunaan penelitian ini adalah sebagai bahan untuk menambah pengetahuan dan wawasan mengenai prestasi belajar Aqidah Akhlak dan perbedaannya jika dikomparasikan antara siswa yang belajar dengan yang tidak belajar di Madrasah Diniyah. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif, dengan jenis penelitian adalah field research (penelitian lapangan). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, observasi dan interview. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis komparasi dengan rumus uji t.
Hasil dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa prestasi belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak siswa kelas VII MTs S Simbangkulon II antara siswa yang belajar dengan yang tidak belajar di Madrasah Diniyah setelah dikomparasikan terdapat perbedaan yang signifikan pada taraf signifikan 5% karena dan tidak terdapat perbedaan pada taraf signifikan 1% karena Dalam penelitian ini diketahui bahwa analisis perbandingan dari kedua hal tersebut diperoleh hasil , sedangkan pada taraf signifikan 5% = 2,02439 dan pada taraf signifikan 1% = 2,71156. Jadi pada taraf signifikan 5% , dengan demikian ditolak, diterima, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat perbedaan antara prestasi belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak siswa kelas VII MTs S Simbangkulon II antara siswa yang belajar dengan yang tidak belajar di Madrasah Diniyah. Dan pada taraf signifikan 1% , dengan demikian diterima, ditolak, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa tidak terdapat perbedaan antara prestasi belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak siswa kelas VII MTs S Simbangkulon II antara siswa yang belajar dengan yang tidak belajar di Madrasah Diniyah.
17SK1721330.00 | SK PAI 17.330 JAN s | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain