SKRIPSI PAI
Pelaksanaan Pembelajaran Al Quran di Pondok Pesantren Darul Ulum Lembaga Pemasyarakatan Klas II A Pekalongan
Latar belakang masalah penelitian ini bahwa belajar al-Qur’ān sangat penting bagi santri warga bina untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan mendapat ketenangan jiwa dalam menjalani hukuman, sedangkan santri Pondok Pesantren Daarul Uluum merupakan santri warga binaan yang berbeda-beda antara satu dengan lainnya, baik dari segi usia maupun kemampuan dasar dalam membaca al-Qur’ān, sehingga untuk mencapai keberhasilan dalam pembelajaran yaitu tercapainya tujuan pembelajaran pengajar atau ustadz harus menggunakan metode yang khusus. Metode dalam pembelajarannya adalah menggunakan metode ceramah, metode drill dan lain sebagainya dalam suatu model pembelajaran sorogan, sedangkan Metode dalam belajar al-Qur’ān adalah Iqro’. Rumusan masalah yang diungkap adalah Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an di Pondok Pesantren Darul Ulum Lembaga Pemasyarakatan (LP) Klas II A Pekalongan? Apa faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an di Pondok Pesantren Darul Ulum Lembaga Pemasyarakatan (LP) Klas II A Pekalongan, serta bagaimana upaya dalam mengatasi faktor penghambatnya? Tujuan Penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajar Al-Qur’an dari mulai persiapan pembelajaran, metode dan model pembelajaran yang digunakan sampai evaluasi pembelajaran dan Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an di Pondok Pesantren Darul Ulum Lembaga Pemasyarakatan (LP) Klas II A Pekalongan serta upaya apa yang digunakan untuk mengatasi faktor-faktor penghambat. Adapun kegunaan penelitian ini memberikan kontribusi positif bagi asatidz terutama yang mengajar al-Qur’ān dalam mengembangkan pelaksanaan pembelajaran al-Qur’ān di Pondok Pesantren Darul Ulum Lembaga Pemasyarakatan (LP) Klas II A Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan pembelajaran al-Qur’ān sudah berjalan baik dengan menggabungkan berbagai metode pembelajaran seperti metode ceramah, metode tanya jawab, metode drill, metode hafalan, metode demonstrasi dan metode resitasi, dalam menyesuaikan keadaan santri. Namun tingkat keberhasilan yang dicapai dalam pembelajaran al-Qur’ān belum maksimal karena belum adanya rencana pembelajaran dan evaluasi hasil pembelajaran.
17SK1721329.00 | SK PAI 17.329 MAR p | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain