SKRIPSI PBA
Penggunaan Media Gambar Pada Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab di Taman Kanak-kanak Islam Ibnu Qoyyim Sijeruk Sragi Pekalongan
vii
ABSTRAK
Tri Wulan, 2016. Peran Media Gambar Pada Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab di Taman Kanak-kanak Islam Ibnu Qoyyim. Skripsi Jurusan/Program Studi: Tarbiyah/PBA Sekolah Tinggi Islam Negeri (STAIN) Pekalongan. Pembimbing I: Muhammad Jaeni, M.Pd, M.Ag, Pembimbing II: Abdul Basith, M.Pd.
Kata kunci : Media Gambar, Pembelajaran Kosakata.
Kosakata merupakan unsur yang penting dalam pembelajaran bahasa asing terutama pada pembelajaran bahasa Arab, dengan menguasai perbendaharaan kosakata maka akan mempermudah peserta didik dalam memahami bahasa Arab.TK Islam Ibnu Qoyyim desa Sijeruk kecamatan Sragi kabupaten Pekalongan merupakan TK satu-satunya di Kecamatan Sragi yang memiliki pembelajaran kosakata secara khusus pada setiap tema yang sudah ditentukan dengan tujuan agar peserta didik mengenal kosakata di sekitar sekolah dan dapat memahami makna kosakata secara leksikal (berdiri sendiri), serta menggunakan evaluasi yang berbeda dengan yang lainnya.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan media gambar dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab di TK Islam Ibnu Qoyyim Sijeruk Sragi Pekalongan?, Apa saja faktor pendukung dan penghambat peran media gambar dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab di TK Islam Ibnu Qoyyim Sijeruk Sragi Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sedangkan data-data yang dibutuhkan dicari dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara.
Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi media gambar dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab di TK Islam Ibnu Qoyyim Sijeruk Sragi Pekalongan meliputi tujuan pembelajaran kosakata yaitu untuk memperkenalkan kosakata baru kepada siswa, agar siswa memahami makna kosakata secara leksikal (berdiri sendiri), dan melatih siswa untuk melafalkan kosakata dengan baik dan benar. Media yang digunakan dalam pembelajaran kosakata yaitu media gambar, evaluasi yang digunakan yaitu dengan tes lisan. Tes lisan dengan menggunakan permainan tebak gambar. Adapun manfaat dari penggunaan media gambar yaitu memudahkan siswa dalam mempelajari kosakata dan menjadikan siswa lebih fasih dalam melafalkan huruf hijaiyyah. Faktor pendukung penggunaan media gambar pada pembelajaran kosakata antara lain:semangat peserta didik, kosakata, dan metode dalam evaluasi. Faktor penghambat meliputi: kemampuan siswa yang berbeda antara satu siswa dengan siswa yang lain dan kesulitan siswa dalam pelafalan huruf hijaiyyah dengan baik dan benar.
17SK1722052.00 | SK PBA 17.052 WUL p | My Library (Skripsi Lantai 3) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain