SKRIPSI PAI
Peran Guru PAI dalam Meningkatkan Moral Keagamaan Siswa di SMK Maarif NU Doro Pekalongan
Peneliti mendapat sedikit gambaran bahwa di SMK Ma’arif NU Doro Pekalonganterdapatupayapendidikan moral keagamaan, yang di lakukanmelaluipembinaannilai-nilai agama, sertapelaksanaanpendidikan moral keagamaan di SMK Ma’arif NU Doro Pekalonganperluuntuk di apresiasi. Secaraumumsekolahmenengahatasdidominasiolehanakmasaremaja, danhalinisesuaidengankondisi di SMK Ma’arif NU Doro Pekalongan, pasalnyasekolah yang berbasisislamtersebutmempunyailatarbelakang yang bervariasisepertihalnyasiswa yang dulunyamengenyampendidikansekolahmenengahpertamanegeri yang notabenya minim akanajaran agama.Kemudiandalamlatarbelakangpendidikan agama dalamkeluargasiswa yang secaratidaklangsungmempengaruhikondisianak.Keadaaninternal siswa yang bervariasiterutamamenyangkutmasalahkeagamaan, makasekolahtersebutmencetuskanberbagaiprogram yang bergunauntukmeningkatkan moral keagamaansiswa yang rata-rata dinilai minim dalamhalilmukeagamaan.
Berdasarkan latar belakang masalah yang dipaparkan diatas maka ada beberapa permasalahan yang akan dikaji yaitu bagaimana moral keagamaan siswa di SMK Ma’arif NU Doro Pekalongan? Dan bagaimana peran guru PAI dalam meningkatkan moral keagamaan di SMK Ma’arif NU Doro Pekalongan?. Kemudian penelitian ini memiliki tujuanuntuk mengetahui moral keagamaan siswa di SMK Ma’arif NU Doro Pekalongan dan untuk mengetahui peran guru PAI dalam meningkatkan moral keagamaan di SMK Ma’arif NU Doro Pekalongan.
Metodepenelitian yang digunakanadalahdengan pendekatan yang bersifat kualitatif, karena data yang dihasilkan berupa data deskriptif dalam bentuk pernyataan atau kata-kata tertulis yang berasal dari sumber data yang diamati.Adapunjenispenelitianiniadalahpenelitianlapangan.Metode yang digunakanuntukmengumpulkan data yaitu dengandokumentasi, observasidanwawancara.SedangkanmetodeAnalisis data kualitatifadalahbersifatinduktif, yaitusuatuanalisisberdasarkan data yang di peroleh, selanjutnyadikembangkanpolahubungantertentuataumenjadihipotesis.
Hasilpenelitianinimenunjukkanbahawa (1) moral keagamaan siswa di SMK Ma’arif NU Doro Pekalongan tergolong memiliki moral keagamaan yang baik, tercermin dari banyaknya siswa yang mematuhi tata tertib dan mengikuti kegiatan keagamaan yang diwajibkan oleh sekolah (2) peran guru PAI dalam meningkatkan moral keagamaan siswa di SMK Ma’arif NU doro Pekalongan yaitu guru PAI berperan sebagai pembimbing, figur, serta penasihat, yang hal tersebut berkaitan dengan peningkatan moral keagamaan siswa di SMK Ma’arif NU Doro Pekalongan.
17SK1721312.00 | SK PAI 17.312 MUQ p | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain