SKRIPSI PAI
Problematika Penggunaan Metode Tanya Jawab dalam Pembelajaran Fiqih di MTs Tholabuddin Masin Warungasem Batang
Salah satu cara untuk mengatasi kesulitan belajar dalam proses pembelajaran fiqih di MTs Tholabuddin Masin Warungasem Batang adalah dengan menggunakan metode tanya jawab. Metode tanya jawab ialah suatu cara mengajar dimana seorang guru mengajukan beberapa pertanyaan kepada peserta didik tentang bahan pelajaran yang telah diajarkan atau bacaan yang telah mereka baca sambil memperhatikan proses berfikir di antara peserta didik yang lain. Pembelajaran dengan metode tanya jawab ini guru mengharapkan dari peserta didik jawaban yang tepat dan berdasarkan fakta. Pertanyaan dalam tanya jawab adakalanya dari pihak peserta didik (dalam hal ini guru atau peserta didik yang menjawab).
Rumusan masalah yang dikaji dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana penggunaan metode tanya jawab dalam pembelajaran fiqih di MTs Tholabuddin Masin Warungasem Batang? (2) Apa saja problematika penggunaan metode tanya jawab dalam pembelajaran fiqih di MTs Tholabuddin Masin Warungasem Batang? (3) Bagaimana solusi problematika penggunaan metode tanya jawab dalam pembelajaran fiqih di MTs Tholabuddin Masin Warungasem Batang?. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penggunaan metode tanya jawab dalam pembelajaran fiqih di MTs Tholabuddin Masin, untuk mendeskripsikan problematika penggunaan metode tanya jawab dalam pembelajaran fiqih di MTs Tholabuddin Masin, untuk menganalisa solusi problematika penggunaan metode tanya jawab dalam pembelajaran fiqih di MTs Tholabuddin Masin. Kegunaan penelitian dapat memberikan informasi masyarakat tentang problematika penggunaan metode tanya jawab dalam pembelajaran fiqih di MTs Tholabuddin Masin.
Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis menggunakan analisis data deskriptif dengan metode berfikir induktif.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) Penggunaan metode tanya jawab dalam pembelajaran fiqih di MTs Tholabuddin Masin alokasi waktunya maksimal hanya 3 jam pelajaran x 35 menit tiap minggunya, jadi dengan alokasi 3 jam pelajaran ini kurang maksimal, karena jumlah materi yang harus disampaikan juga begitu banyak dan sangat luas kajiannya. (2) Problematika penggunaan metode tanya jawab dalam pembelajaran fiqih di MTs Tholabuddin Masin, antara lain: pengelolaan kelas yang kurang efektif, masalah psikologis siswa yang merasa malu untuk menjawab, dan masalah alokasi waktu yang minim. (3) Solusinya yaitu: Meningkatkan pengelolaan tempat belajar dan peserta didik, Menerapkan strategi pembelajaran fiqih secara tepat, memberikan pujian dan nilai tambah, memberikan tugas kepada peserta didik (pekerjaan rumah) baik secara individu maupun kelompok dan membuat rangkuman atau ikhtisar materi pelajaran dan mengerjakan lembar kerja siswa (LKS).
17SK1721298.00 | SK PAI 17.298 FAT p | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain