SKRIPSI PAI
Pengaruh Pendidikan Agama Islam terhadap Kemampuan Pergaulan Remaja di Sekolah Kelas VIII SMP Negeri 3 Pekalongan Tahun Pelajaran 2016-2017
Pada masa remaja lebih banyak menghabiskan waktu untuk bergaul dengan teman sebayanya. Ketika bergaul dengan temannya, para remaja dapat terpengaruh oleh teman-teman mereka. SMP Negeri 3 Pekalongan yang memiliki siswa dari latar belakang sosial dan juga karakter siswa yang berbeda-beda akan mempengaruhi perkembangan pergaulan remaja. Pendidikan Agama Islam dapat bermanfaat bagi mereka untuk menghindari pengaruh negatif yang dibawa oleh temannya dan menciptakan hubungan pergaulan yang baik antar semua teman.
Berkaitan dengan hal tersebut, rumusan masalah yang peneliti ajukan adalah bagaimana Pendidikan Agama Islam yang diperoleh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Pekalongan tahun pelajaran 2016-2017, bagaimana kemampuan pergaulan remaja di sekolah pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Pekalongan tahun pelajaran 2016-2017, adakah pengaruh antara Pendidikan Agama Islam dengan kemampuan pergaulan remaja di sekolah pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Pekalongan tahun pelajaran 2016-2017.
Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Untuk mengumpulkan data menggunakan metode angket, wawancara dan dokumentasi. Adapun jenis analisis data yang digunakan adalah rumus regresi linear sederhana dengan menggunakan perhitungan manual dan bantuan program SPSS ver. 17.0.
Berdasarkan hasil perhitungan manual dan output SPSS ver 17.0 diperoleh nilai ttest sebesar 2,302 / 2,255 > ttabel 2,021 pada tingkat signifikan 5%, sedangkan ttest = 2,302 / 2,255 < ttabel = 2,704 pada tingkat signifikan 1%. Nilai signifikan sebesar 0,029 < taraf signifikan 5% = 0,05, sedangkan nilai signifikan sebesar 0,029 > taraf signifikan 1% = 0,01. Harga Fhitung > Ftabel pada taraf 5% dengan hasil 5,124 / 5,136 > 4,07, sedangkan Fhitung < Ftabel pada taraf 1% dengan hasil 5,124 / 5,136 < 7,67. Koefisien determinasi sebesar 0,108 / 0,109. Jadi, dari hasil analisis di atas, maka hipotesis yang berbunyi “ada pengaruh yang signifikan antara Pendidikan Agama Islam dengan kemampuan pergaulan remaja di sekolah kelas VIII SMP Negeri 3 Pekalongan tahun pelajaran 2016-2017”. Pada taraf signifikan 5% dapat diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara Pendidikan Agama Islam dengan kemampuan pergaulan remaja di sekolah kelas VIII SMP Negeri 3 Pekalongan tahun pelajaran 2016-2017. Sedangkan pada taraf signifikan 1% tidak dapat diterima, artinya tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara Pendidikan Agama Islam dengan kemampuan pergaulan remaja di sekolah kelas VIII SMP Negeri 3 Pekalongan tahun pelajaran 2016-2017. Dengan demikian, antara Pendidikan Agama Islam dan kemampuan pergaulan remaja terdapat pengaruh namun tidak begitu signifikan.
17SK1721297.00 | SK PAI 17.297 RIZ p | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain