SKRIPSI PBA
Studi Komparasi Minat Membaca SiswaPada Mata Pelajaran Kitab Kuning Dengan Menggunakan Media LCD Dan Tidak Menggunakan Media LCD Di SMP Islam WonopringgoKabupatenPekalonganTahunAjaran2014/2015
A B S T R A K
Millah, Mutiara. 2016. Studi Komparasi Minat MembacaSiswaPada Mata PelajaranKitab KuningDenganMenggunakanMediaLCD Dan TidakMenggunakan Media LCD Di SMP Islam WonopringgoKabupatenPekalonganTahunAjaran2014/2015. Skripsi Jurusan/Program Studi: Tarbiyah/S1 PBA SekolahTinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan. Pembimbing: MussofaBasyir, M.A, Abdul Basith, M.Pd
Kata kunci : Minat Membaca, Media LCD.
Proses pembelajaranpadahakikatnyaadalah proses komunikasi. Salah satuunsurdalam proses komunikasi yang sangatmenonjolperanannyaadalah media, kata media berasaldaribahasalatin yang beratiperantaraataupengantardarisipengirimkepadapenerima. Sedangkan media pembelajaranadalahsaranakomunikasi yang digunakanuntukmenyampaikanpesanataubahanpembelajaran.
SMP Islam Wonopringgomenggunakan Media LCD dalampembelajarankitabkuning. Mata pelajarankitabkuningmerupakanbagiandaripembelajaranbahasa Arab yang diajarkan di SMP Islam Wonopringgo, denganpenggunaan Media berbasis visual (LCD) inidapatmemperlancarpemahaman, memperkuatingatan, danmengatasikejenuhan. Selainitupenggunaan Media berbasis visual (LCD) inidapatmeningkatkanminatmembaca.
Rumusan masalah yang dibahas dalam skripsi ini tentang Bagaimanaminatmembacasiswakelas VII padamatapelajarankitabkuningdenganmenggunakan media LCD ? Bagaimanaminatmembacasiswakelas VII padamatapelajarankitabkuning yang tidakmenggunakan media LCD ?Bagaimanaperbedaanminatmembacasiswakelas VII padamatapelajarankitabkuning yang menggunakan media LCD denganminatmembacasiswakelas VII padamatapelajarankitabkuning yang tidakmenggunakan media LCD? Tujuannya adalah Untuk mengetahui minat membaca siswa dengan menggunakan media LCD di SMP Islam Wonopringgo dan yang tidak menggunakan media LCD di SMP Islam Wonopringgo, serta Untuk mengetahui perbedaan minat membaca siswa diantara keduanya.
Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatankuantitatifdan menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). Menggunakan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi, dan teknik analisis data ini menggunakan teknikanalisis “uji-t”.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dari mean atau rata-rata keduakelastersebutdapatdiketahuibahwatidakadaperbedaan yang
signifikanantaraminatmembacapadamatapelajarankitabkuning yang menggunakan media LCD dengan yang tidakmenggunakan media LCD. Hal iniditunjukkandenganhasildariperhitunganmenggunakanrumustes “t” diperolehnilaithitung (to) sebesar 1,770, sedangkanttabel (tt) padatarafsignifikan 5% sebesar 2,021 danpadatarafsignifikan 1% sebesar 2,704. Jadi, berdasarkan data tersebut to
17SK1722051.00 | SK PBA 17.051 MIL s | My Library (Skripsi Lantai 3) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain