SKRIPSI PAI
Pengaruh Kedisiplinan Siswa Dalam Proses Belajar Mengajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VI MIS Sidorejo Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan
Kedisiplinan diperlukan dalam semua aspek kehidupan termasuk di dalamnya kegiatan belajar mengajar di sekolah. Prestasi belajar merupakan tolak ukur keberhasilan peserta didik yang teratur dan terus menerus yang terjadi dalam proses belajar mengajar yang diciptakan oleh hubungan antara guru dengan peserta didik. MIS Sidorejo Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan peneliti ambil sebagai lokasi penelitian dengan alasan bahwa MIS Sidorejo Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan termasuk salah satu madrasah yang memiliki prestasi membanggakan
Rumusan masalah yang dikaji dalam skripsi ini adalah Bagaimana kedisiplinan siswa kelas VI MIS Sidorejo Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan dalam proses belajar mengajar? Bagaimana prestasi belajar siswa kelas VI MIS Sidorejo Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan? Bagaimana pengaruh kedisiplinan dalam proses belajar mengajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VI MIS Sidorejo Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan?. Adapun tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan kedisiplinan siswa dalam proses belajar mengajar, untuk mendeskripsikan prestasi belajar siswa, untuk mendeskripsikan pengaruh kedisiplinan siswa dalam proses belajar mengajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VI MIS Sidorejo Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan.
Jenis penelitian adalah studi lapangan (field research). Pendekatan penelitian menggunakan metode kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan rumus regresi linier sederhana.
Hasil penelitian adalah: Pertama, Kedisiplinan siswa kelas VI MIS Sidorejo Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan dalam proses belajar mengajar termasuk dalam kategori baik, ditunjukkan dari nilai rata-rata angket sebesar 55 berada di interval 55 – 58 yang termasuk dalam kategori baik. Kedua, Prestasi belajar siswa kelas VI MIS Sidorejo Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan termasuk dalam kategori baik, ditunjukkan dari jumlah rata-rata nilai ulangan mid semester siswa sebesar 73,27 berada di interval 72,78 – 73,78 yang termasuk dalam kategori baik. Ketiga, Terdapat pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan dalam proses belajar mengajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VI MIS Sidorejo Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan. Setelah dilakukan perhitungan dengan N = 46 didapat ttest = 2,076. Pada tingkat signifikan 5 % nilai ttabel = 1,684 maka ttest > ttabel = 2,076 > 1,684, maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan dalam proses belajar mengajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VI MIS Sidorejo Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan. Persamaan regresi linear sederhana sebagai berikut: Ŷ = 68,842 + 0,081 X, artinya bahwa setiap
peningkatan pada variabel X berakibat pada peningkatan variabel Y sebesar 0,081 berarti pengaruh yang diberikan variabel X terhadap variabel Y adalah positif.
17SK1721287.00 | SK PAI 17.287 MUN p | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain