SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Pendidikan Akhlak Pada Siswa Di SMP 02 Tirto Kabupaten Pekalongan
Pendidikan akhlak yang menjadi bagian pendidikan merupakan materi yang sangat penting yang bertujuan untuk membina akhlak terhadap Allah SWT maupun akhlak terhadap sesama makhluk. Berhasil tidaknya pendidikan agama yang menjadi barometer utama adalah keberhasilan pendidikan akhlak, sebagaimana yang telah dikemukakan oleh Athiyah Al-Abrasyi { Pendidikan agama adalah untuk mendidik dan membina akhlak jiwa mereka, menanamkan rasa keutamaan, mempersiapkan untuk kehidupan yang suci, seluruhnya ikhlas dan jujur}.
Dalam penelitian ini peneliti memaparkan rumusan masalah yaitu, Bagaimana pendidikan akhlak siswa di SMP 02 Tirto Kabupaten Pekalongan ? dan Bagaimana Peran Guru PAI dalam menanamkan pendidikan akhlak siswa di SMP 02 Tirto Kabupaten Pekalongan ?. Tujuan penelitiannya adalah untuk mengetahui pendidikan akhlak bagi siswa SMP 02 Tirto Kabupaten Pekalongan dan untuk mengetahui peran guru PAI dalam menanamkan pendidikan akhlak. Dalam kegunaan penelitian ini terdapat dua manfaat yaitu manfaat secara teoritis adalah1. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam menanamkan pendidikan akhlak yang sesuai dengan norma-norma dan ajaran islam. 2. Penelitian ini diharapkan dapat menambah kepustakaan yang berupa hasil penelitian dengan harapan dapat dijadikan sebagai acuan karya ilmiah yang akan datang. Dan 3. Penelitian ini diharapkan dapat memperkaya wawasan dan wacana dalam pengetahuan ilmu agama, khususnya dalam bidang akhlak. Sedangkan manfaat secara praktisnya adalah 1) Penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan dan bahan pertimbangan bagi guru PAI, guru-guru lain dan institusi dalam mendidik siswa berkaitan tentang akhlak yang harusnya diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. 2) Sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan kabijaksanaan dan tanggung jawab dalam kaitannya dengan memperbanyak menanamkan akhlak yang baik (akhlak mahmudah).
Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian studi lapangan (field reseach). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yaitu salah satu pendekatan dalam melakukan penelitian yang berorientasi pada fenomena atau gejala yang bersifat alami. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data skunder. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif deskriptif.
Hasil penelitian ini adalah bahwa pendidikan akhlak di SMP 02 Tirto Kabupaten Pekalongan sudah diterapkan oleh pihak guru dengan melaksanakan kegiatan keagamaan diluar jam mata pelajaran yaitu berdo’a, membaca asmaul khusna dan membaca Al-Quran sebelum melaksanakan kegiatan belajar mengajar, selain itu juga semua guru membiasakan senyum, salam dan sapa terhadap siswa (senyum, salam dan sapa diterapkan agar menumbuhkan rasa toleransi dan rasa hormat kepada para guru). Pembinaan yang sering dilakukan adalah menasehati dan memberi saran kepada anak didik yang melakukan pelanggaran dengan cara yang halus. Para guru juga mengadakan sholat dhuhur berjamaah. Akan tetapi dalam pribadi siswa belum tertanam pendidikan akhlak secara mendalam. Sehingga siswa cenderung melakukan sesuatu hal sesuai dengan keinginannya tanpa memikirkan resiko yang mereka akan dapat nantinya(melakukan kesalahan). Dan Peran yang dilakukan oleh guru SMP 02 Tirto Kabupaten Pekalongan yaitu dalam proses pembelajaran dengan memberikan pengertian terhadap siswa baik dari segi pengajaran, segi bimbingan (menasehati atau memotivasi siswa) maupun segi keteladanan.
09SK099321.00 | SK PAI13.993 MAE p C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain