SKRIPSI PAI
Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Siswa SMP Negeri 2 Batang
Kecerdasan spiritual (spiritual quotient) adalah kecerdasan yang sudah ada dalam setiap manusia sejak lahir yang membuat manusia menjalani hidup ini dengan penuh makna, selalu mendengarkan suara hatinya. Melihat fenomena pendidikan saat ini, dimana intelektualitas lebih diprioritaskan daripada spiritualitas, maka penulis tertarik meneliti tentang kecerdasan spiritual siswa. Terutama siswa SMP Negeri 2 Batang, karena SMP Negeri 2 Batang termasuk sekolah yang unggul dalam hal akademiknya. Dan pihak yang paling berkewajiban untuk mengembangkan kecerdasan spiritual siswa ialah guru pendidikan agama Islam, karena pendidikan agama Islam mencakup tentang pendidikan akhlak dan moral. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana kecerdasan spiritual siswa SMP Negeri 2 Batang, (2) Bagaimana peran guru pendidikan agama Islam dalam menumbuhkan kecerdasan spiritual siswa SMP Negeri 2 Batang, (3) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam menumbuhkan kecerdasan spiritual siswa SMP Negeri 2 Batang? Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui bagaimana kecerdasan spiritual siswa SMP Negeri 2 Batang, (2) Mengetahui bagaimana peran guru pendidikan agama Islam dalam mengembangkan kecerdasan spiritual siswa SMP Negeri 2 Batang, (3) Mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan kecerdasan spiritual siswa SMP Negeri 2 Batang. Metodologi dalam penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Jenis analisis datanya adalah analisa deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kecerdasan spiritual siswa SMP Negeri 2 Batang baik. Hal tersebut dibuktikan bahwa siswa memenuhi empat indikator seseorang dikatakan memiliki kecerdasan spiritual (2) Peran guru pendidikan agama Islam dalam menumbuhkan kecerdasan spiritual siswa SMP Negeri 2 Batang termasuk baik. Hal ini dibuktikan bahwa guru pendidikan agama Islam mampu melaksanakan upaya pengembangan kecerdasan spiritual siswa sesuai dengan indikator pengembangan kecerdasan spiritual (3) Faktor yang menjadi pendukung diantaranya siswa yang giat dan antusias dalam menjalankan program-program yang diadakan oleh guru pendidikan agama Islam, dukungan dana presiasi dari Kepala Sekolah, keikutsertaan dan keteladanan dari bapak dan ibu guru, serta fasilitas sarana yang memadai. Adapun Faktor penghambat diantaranya kurangnya prasarana, kurangnya dukungan dan kerjasama dari orang tua siswa dan juga faktor lingkungan rumah yang kurang mendukung.
17SK1721281.00 | SK PAI 17.281 ULF p | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain