SKRIPSI PAI
Eksistensi Perpustakaan Sekolah dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Di MIS Jeruk Sari Kabupaten Pekalongan
Perkembangan minat baca dan kemampuan membaca siswa saat ini sangatlah memprihatinkan. Hal ini disebabkan metode yang diberikan kepada siswa kurang bahkan tidak menyenangkan bagi siswa. Sebagian metode berorentasi pada hasil bukan pada proses. Rendahnya minat baca siswa ini menjadikan kebiasaan membaca yang rendah dan ini juga menjadikan kemampuan membaca menjadi rendah. Di samping itu, persepsi sebagian masyarakat Indonesia masih berkutat untuk memuhi hajat hidup yang paling utama dan penting yaitu memenuhi pangan dan sandang. Belum lagi kebutuhan lainya berupa kebutuhan untuk berteduh atau tempat tinggal dan biaya pendidikan lainnya bagi masyarakat yang kurang mampu. Tetapi bagi masyarakat yang mampu membeli barang-barang semakin konsumtif yang bukan kebutuhan pokok sepertinya dianggap paling penting ketimbang membeli buku. Hal inilah yang menyebabkan minat dan kemampuan membaca semakin rendah.
Apabila dilihat dari jenisnya, maka penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) dan menggunakan pendekatan kualitatif yaitu membuat gambaran atau lukisan secara sistematika, faktual, akurat mengenai fakta-fakta serta hubungan fenomena yang diteliti. Penelitian ini juga cenderung meneliti informan yang dianggap mengetahui dan dapat dipercaya untuk menjadi sumber data serta mengetahui data masalah secara mendalam. Pengumpulan data dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan secara lisan antara pewawancara dengan responden. Penulis melakukan tanya jawab dengan pihak-pihak yang mengetahui atau seharusnya mengetahui tentang obyek yang penulis bahas, sedangkan yang penulis pergunakan dalam hal ini adalah interview yang bebas dan terpimpin. Metode ini digunakan untuk memperoleh data yang berkaitan dengan keadaan umum MIS Jeruksari Kabupaten Pekalongan temasuk gambaran umum perpustakaan MIS Jeruksari Kabupaten Pekalongan. Dengan metode ini diharapkan juga dapat diperoleh data tentang tanggapan/pendapat mengenai keadaan Perpustakaan MIS Jeruksari Kabupaten Pekalongan dan pengembangannya, serta untuk mengetahui sejauhmana peran Perpustakaan MIS Jeruksari Kabupaten Pekalongan yang sudah berkembang berpengaruh terhadap minat baca siswa.
Eksistensi perpustakaan sekolah MIS Jeruksari Kabupaten Pekalongan dapat dilihat dari cara pelayanan, pengelolahan perpustakaan yang baik, pengadaan buku yang bagus dan fasilitas yang memadai juga dapat dilihat dari banyaknya siswa yang datang ke perpustakaan untuk membaca maupun meminjam buku untuk tugas para siswa. Kondisi Minat Baca Siswa Di Mis Jeruksari Kabupaten Pekalongan terlihat bahwa sebagian besar siswa berkunjung 3-4 kali dalam seminggu. Ini menunjukkan bahwa perpustakaan sudah cukup untuk menarik perhatian siswa agar mengunjungi perpustakaaan.
17SK1721277.00 | SK PAI 17.277 TOM e | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain