SKRIPSI PAI
Peningkatan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah pada Mata Pelajaran al-Qur'an Hadits melalui Penggunaan Media Pembelajaran Kartu Kata Siswa Kelas I MI Rahmatul Umat 01 Walangsanga Semester II Tahun Pelajaran 2014/2015 Moga Pemalang
Keberhasilan belajar anak, termasuk di dalamnya belajar membaca al-Quran yang diawali dengan membaca dan menulis huruf hijaiyah, sangat ditentukan oleh beberapa faktor, antara lain adanya dorongan atau motivasi, baik secara intrinsik maupun ekstrinsik. Dalam konteks pembelajaran di sekolah, guru mempunyai peran yang sangat strategis dalam menunjang keberhasilan pendidikan siswa, khususnya dalam ketrampilan membaca dan menulis huruf hijaiyah, hal ini mengingat pada usia sekolah dasar terutama pada tingkat awal siswa masih sangat membutuhkan bimbingan guru secara langsung.
Rumusan masalah dalam penelitian ini; bagaimana peningkatan kemampuan membaca huruf hijaiyah pada mata pelajaran al-qur’an hadist melalui penggunaaan media kartu kata siswa MI Rahmatul Umat 01 Walangsanga semester I Moga Pemalang?.
Metodologi dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (classroom action research), teknik pengumpulan data yang dipergunakan antara lain dokumentasi, observasi, wawancara, dan tes. analisis data yang digunakan adalah dengan metode deskriptif, subyek penelitian peserta didik kelas I MI Rahmatul Umat 01 Walangsanga Moga Pemalang.
Hasil akhir dari penelitian sebagai berikut : pertama, Pelaksanaan pembelajaran menggunakan media Kartu Kata telah dilaksanakan oleh guru dengan baik, begitu juga siswa dalam mengikuti pembelajaran dengan Media Kartu Kata juga menunjukan kriteria baik, hal ini terbukti dengan hasil ketrampilan siswa dalam belajar pada siklus I diperoleh masing-masing 62,7% yang terdiri dari keterampilan dalam memilih kartu 61,6 %, menjelaskan isi kartu 61,6%, dan meletakkan kartu pada pasangannya 65 %. Sedangkan aktivitas siswa. Pada siklus I diperoleh prosentase aktivitas siswa dalam bertanya 61,6%, menjawab pertanyaan 60,8 %, dam aktif menyimpulkan 65%. Sedangkan pada siklus II keterampilan siswa pada siklus II adalah memilih kartu 77,4%, menjelaskan isi kartu 80%, dan meletakkan kartu pada pasangannya 80%. Rata-rata prosentase keterampilan siswa 79,23%. Sedangkan prosentase aktivitas siswa dalam bertanya 79 %, menjawab pertanyaan 83,2%, dan aktif menyimpulkan 88,2%. Rata-rata aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran 83,46%. Kedua, Kemampuan membaca huruf hijaiyah siswa setelah dilaksanakan Media Kartu Kata juga menunjukan kriteria baik, hal ini berdasarkan hasil Prestasi hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 76,29, dengan ketuntasan klasikal sebesar 62,5 %. Sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa diperoleh 22 siswa atau 91,6% telah mencapa nilai 70 atau lebih, nilai rata-rata siswa 81,04, nilai tertinggi 96 dan nilai terendah 60. Dengan demikian pemahaman siswa yang diketahui dari hasil belajar siswa pada siklus II telah mencapai kriteria yang ditetapkan. Ketiga, Penggunaan Media Kartu Kata berdasarkan hasil penelitian yang dijelaskan dapat meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah siswa kelas I MI Rahmatul Umat 01 Walangsanga Moga Pemalang sehingga rumusan hipotesis yang diajukan yaitu “pembelajaran dengan menggunakan metode media pembelajaran kartu kata dapat meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah siswa kelas I MI Rahmatul Umat 01 Walangsanga Moga Pemalang” dapat diterima.
17SK1721275.00 | SK PAI 17.275 MUY p | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain