SKRIPSI PAI
Persepsi Masyarakat Terhadap Eksistensi Madrasah Tsanawiyah Salafiyah Syasi'iyah Proto Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan
Pendidikan tidak hanya dipandang sebagai usaha pemberian informasi dan pembentukan keterampilan saja, namun diperluas sehingga usaha untuk mewujudkan keinginan, kebutuhan, dan kemampuan individu sehingga mencapai pola hidup pribadi dan sosial yang memuaskan. Pendidikan bukan semata-mata sebagai sarana untuk persiapan kehidupan yang akan datang, tetapi untuk kehidupan anak sekarang yang sedang mengalami perkembangan menuju tingkat kedewasaan. Ramainya lembaga-lembaga pendidikan yang muncul dimana-mana hampir tidak mampu mengatasi kemerosotan moral yang melanda bangsa ini. Anak-anak yang masuk dalam lembaga pendidikan diharapkan mengubah kondisi yang makin lama makin parah, namun jusru seringkali memunculkan masalah baru suatu keraguan akan arti dan fungsi lembaga-lembaga pendidikan.Melihat kenyataan itu berbagai macam program unggulan dicanangkan untuk mengejar ketertinggalan sekaligus menjadi yang terdepan sebagai pelopor pembaharuan dan kemajuan. Sebagai wujud keperdulian tokoh masyarakat proto dan organisasi NU terhadap pendidikan yaitu dengan mendirikan lembaga pendidikan Madrasah Tsanawiyah Salafiyah Syafi’iyah di desa Proto sebagai tempat belajar. Masyarakat bertanggung jawab terhadap pendidikan serta turut mensukseskan program tersebut sehingga nantinya anak dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang sekolah menengah atas dengan baik dan benar serta membantu menanamkan pondasi dan nilai-nilai moralitas agama. Berawal dari alasan tersebut, peneliti tertarik meneliti tentang Persepsi Masyarakat Terhadap Eksistensi Madrasah Tsanawiyah Syalafiyah Syafi’iyah Proto Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut: bagaimana eksistensi Madrasah Tsanawiyah Salafiyah Syafi'iyah Proto Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan? dan bagaimana persepsi masyarakat terhadap eksistensi Madrasah Tsanawiyah Salafiyah Syafi'iyah Proto Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan?. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui eksistensi Madrasah Tsanawiyah Salafiyah Syafi’iyah Proto Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan dan untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap eksistensi Madrasah Tsanawiyah Salafiyah Syafi’iyah Proto Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (Field Research). Sumber data dalam penelitian ini adalah Guru Madrasah Tsanawiyah Salafiyah Syafi’iyah Proto kedungwuni dan masyarakat Proto Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Interview, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian yang peneliti lakukan tentang persepsi masyarakat terhadap eksistensi Madrasah Tsanawiyah Salafiyah Syafi'iyah Proto Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan menunjukan bahwa Eksistensi di Madrasah Tsanawiyah Salafiyah Syafi’iyah Proto yakni: Eksistensi Madrasah Tsanawiyah Salafiyah Syafi’iyah Proto pada setatus kelembagaan dengan kegiatan akademik maupun non akademik. Kegiatan akademik meliputi penerapan kurikulum dalam pembelajaran yang dilaksanakan pada seluruh siswa dan siswi Madrasah Tsanawiyah Salafiyah Syafi’iyah Proto mulai dengan perencanaan pelaksanaan dan evaluasi. Bagian kegiatan non akademik meliputi ekstrakulikuler sebagai berikut: kegiatan pramuka yang melatih siswa menjadikan pribadi yang lebih patriotik, disiplin, dan mandiri. Kegiatan rebana yang melati kereatifitas siswa dalam melestarikan musik tradisional. Kegiatan PMR ysng melatih siswa tentang pentingnya hidup sehat. Kegiatan-kegiatan keagamaan yakni sholat dhuha, tadarus al-qur’an, dan sholat dzuhur berjamaah yang mengajarkan siswa menjadikan religius dan berakhlak mulia. Sedangkan Persepsi masyarakat terhadap eksistensi Madrasah Tsanawiyah Salafiyah Syafi’iyah Proto yakni bahwa masyarakat desa Proto sangat mengapresiasi eksistensi Madrasah Tsanawiyah Salafiyah Syafi’iyah Proto. Hal ini terlihat dari antusias masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di Madrasah Tsanawiyah Salafiyah Syafi’iyah Proto dan menyambut baik kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan sekolah tersebut.
17SK1721274.00 | SK PAI 17.274 PAN p | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain