SKRIPSI PAI
Manajemen Kepemimpinan Kepala sekolah pada Lembaga Pendidikan Ma'arif NU Di MTS NU Tirto Kabupaten Pekalongan
Penulis tertarik untuk melakukan penelitian tentang Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah pada Lembaga Pendidikan Ma’arif NU di MTs NU Tirto Kabupaten Pekalongan dengan alasan bahwa manajemen kepemimpinan kepala sekolah sangat di butuhkan dalam meningkatkan mutu sekolah dan etos kerja tenaga pendidik dengan berbagai usaha yang dilakukan kepala sekolah untuk menumbuhkan kepercayaan diri kepada warga sekolah, sehingga mampu mengantarkan seluruh warganya untuk mencapai tujuan sekolah yang telah di cita-citakan bersama. MTs NU Tirto Kabupaten Pekalongan merupakan salah satu sekolah di Kabupaten Pekalongan yang berada di bawah naungan Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Kabupaten Pekalongan yang masih di akui keberadaannya dank ke-eksistensiannya sampai sekarang.
Permasalahan dalam penelitian skripsi ini yaitu Bagaimana manajemen kepemimpinan kepala sekolah di MTs NU Tirto Kabupaten Pekalongan dan apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam manajemen kepemimpinan kepala sekolah di MTs Ma’rif NU Tirto. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana manajemen kepemimpinan kepala sekolah di MTs NU Tirto Kabupaten Pekalaongn, dan untuk mengeksplorasi apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam manajemen kepemimpinan kepala sekolah di MTs NU Tirto Kabupaten Pekalongan. Secara teoretis penelitian ini dijadikan sebagai sumbangsih bagi khasanah ilmu pengetahuan terutama dalam bidang pendidikan dan dapat menambah wawasan ilmu pengetahuan dalam kepemimpinan dan pengetahuan lainnya. Secara praktis penelitian ini agar dapat dijadikan sebagai bahan acuan dalam memimpin sekolah, pendidik dan staf ketenaga kependidikan di sekolah yang di kelola, dan dapat memberikan sumbangsih bagi sekolah yang menjadi objek penelitian supaya kedepannya menjadi lebih baik.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan (field research). Dalam mengumpulkan data, penelitian ini menggunakan teknik observasi, teknik interview / wawancara dan teknik dokumentasi. Dan dalam menganalisis data, penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa MTs NU Tirto merupakan salah satu sekolah menengah pertama yang berada di bawah naungan Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Kabupaten Pekalongan. Sekolah ini sudah berdiri sejak tahun 1979 hingga saat ini mempunyai siswa sebanyak 420 siswa yang itu semua dikarenakan kepemimpinan kepala sekolah yang dapat di kategorikan bagus. Manajememen Kepemimpinan Kepala Sekolah pada Lembaga Pendidikan Ma’arif NU di MTs NU Tirto Kabupaten Pekalongan yaitu sebagai educator, supervisor, inovator, leader/pemimpin, administrator, manajer, dan motivator. Dalam memimpin dan memenej sekolah, kepala sekolah menggunakan tipe kepemimpina yang demokratis. Terkadang juga menggabungkan beberapa tipe karena faktor kendala yang dihadapi. Faktor yang menjadi pendukung dalam manajemen kepemimpinan kepala sekolah di MTs NU Kabupaten Pekalongan yaitu adanya guru yang profesional, adanya siswa yang berprestasi, fasilitas pendukung pembelajaran, program yang berorientasi kedepan dan juga kepercayaan masyarakat. Faktor penghambat diantaranya adalah oknum siswa yang kurang disiplin dan sarana prasana yang belum lengkap di MTs NU Kabupaten Pekalongan.
17SK1721273.00 | SK PAI 17.273 SAA m | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain