SKRIPSI PAI
Relevansi Konsep Pendidikan Pranatal dengan Konsep Pendidikan Islam
Skripsi yang berjudul “RELEVANSI KONSEP PENDIDIKAN PRANATAL Dengan KONSEP PENDIDIKAN ISLAM (Kajian Buku Mendidik Anak Sejak dalam Kandungan karya Mansur)” dilatar belakangi Proses pendidikan tidak hanya berlangsung pada suatu saat saja, akan tetapi proses pendidikan terjadi secara berkesinambungan. Periode pranatal merupakan periode yang sangat penting dan menentukan perkembangan individu pada periode-periode berikutnya serta pada periode ini juga mengandung banyak bahaya, baik fisik atau psikologis yang sangat memengaruhi pola perkembangan selanjutnya, bahkan dapat mengakhiri suatu perkembangan. Dan memerbaiki akhlak anak yang rusak lebih sulit, oleh karena itu untuk melakukan preventifnya sudah dimulai sejak dalam kandungan (rahim) ibu.
Masalah yang diteliti dari penelitian ini adalah bagaimana konsep pendidikan pranatal dalam Buku Mendidik Anak Sejak dalam Kandungan karya Mansur, bagaimana konsep pendidikan Islam tentang pendidikan pranatal, dan bagaimana relevansi konsep pendidikan pranatal dengan konsep pendidikan Islam dalam Buku Mendidik Anak Sejak dalam Kandungan karya Mansur. Dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep pendidikan pranatal dalam Buku Mendidik Anak Sejak dalam Kandungan karya Mansur, untuk mengetahui konsep pendidikan Islam tentang pendidikan pranatal, dan untuk mengetahui relevansi konsep pendidikan pranatal dengan konsep pendidikan Islam dalam Buku Mendidik Anak Sejak dalam Kandungan karya Mansur.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu penelitian yang menghasilkan penemuan-penemuan yang tidak dapat dicapai dengan menggunakan prosedur statistik atau dengan cara-cara kuantifikasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Library Research, yaitu suatu riset kepustakaan atau penelitian murni. Maka data yang dihasilkan dengan menggunakan metode studi pustaka yaitu dengan cara membaca, memahami, dan menelaah sumber data. Dan data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif yaitu mendeskripsikan dan menginterpretasikan apa yang ada baik mengenai kondisi atau hubungan yang ada, pendapat yang sedang tumbuh, proses yang sedang berlangsung, akibat atau efek yang terjadi atau kecenderungan yang berkembang. Dalam menulis hasil penelitian kaji pustaka yang akan dilakukan ini penulis menggunakan metode analisis isi (content analysis), yaitu dengan proses menganalisis terhadap kandungan buku yang dijadikan rujukan, sehingga diketahui ide pokoknya. Hasil penelitian ini adalah konsep pendidikan pranatal dalam Buku Mendidik Anak Sejak dalam Kandungan karya Mansur relevan dengan konsep pendidikan Islam, mulai relevannya langkah pendidikan pranatal yang mencakup metode dan materi pendidikan pranatal maupun tujuan pendidikan pranatal. Hanya saja dalam upaya psikis atau spiritual dari buku tersebut menyebutkan upaya spiritual berdasarkan tradisi jawa, yang di dalamnya menganggap penting dengan adanya upaya spiritual berdasarkan tradisi jawa tersebut, akan tetapi tidak relevan dengan pendidikan Islam. Akan tetapi jika diamati dalam tingkep itu sendiri biasanya di dalamnya ada do’a, maka yang demikian relevan dengan pendidikan Islam yaitu pada metode dan materi do’a, tepatnya pada materi do’a pada saat nuthfah telah menjadi janin.
17SK1721271.00 | SK PAI 17.271 SUP r | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain