SKRIPSI PAI
Implementasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pendidikan Agama Islam
Pentingnya penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran dalam memandu guru untuk melaksanakan tugas sebagai pendidik dalam melayani kebutuhan belajar siswi-siswinya, dalam aplikasi kegiatan belajar mengajar di kelas X SMK N 01 Warungasem tidak sepenuhnya sesuai dengan apa yang ada di RPP. Hal ini dipengaruhi oleh kondisi siswa yang setiap harinya senantiasa berubah sehingga guru harus mengambil langkah lain agar kegiatan belajar mengajar dapat berjalan secara efektif dan efisien serta interaktif. Karena pentingnya perencanaan pembelajaran tersebut maka seorang guru perlu membuat Rencana Perencanaan Pembelajaran yang baik yang selanjutnya diimplementasikan dalam proses belajar mengajar sehingga pembelajaran menjadi terarah dan tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana implementasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) PAI kelas X di SMK N 01 Warungasem?, dan apa saja faktor pendukung dan penghambat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) PAI kelas X di SMK N 01 Warungasem?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) PAI, untuk mengetahui faktor- faktor yang mendukung dan menghambat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) PAI kelas X di SMK N 1 Warungasem. Kegunaan penelitian ini secara teoritis adalah diharapkan memberikan sumbangan untuk perbaikan dalam penyusunan RPP Pendidikan Agama Islam dalam implementasi RPP Pendidikan Agama Islam. Adapun secara praktis, memberi pengetahuan tentang implementasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kelas X di SMK N 1 Warungasem. Bagi pendidik dapat memperoleh pedoman tentang pentingnya perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
Metodologi dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis field research. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, metode observasi, dan metode dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan metode analisis data diskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini pengimplementasian Rencana Pelaksanaan (RPP) PAI kelas X di SMK N 1 Warungasem yang masih pemula dalam menerapkan kurikulum 2013 sudah cukup baik meskipun masih ada sedikit kekurangan, diantaranya mengenai tujuan pembelajaran di kelas X SMK N 1 Warungasem belum dapat tercapai secara keseluruhan. Untuk indikator juga belum semuanya tercapai karena ada keterlambatan bagi anak-anak yang tidak dapat membaca alqu’an sesuai tajwid. Namun untuk indikator yang lain misalnya memahami sudah bisa tercapai. Faktor pendukung implementasi Rencana pelaksanaan Pembelajaran (RPP) PAI kelas X di SMK N 01 Warungasem meliputi: dukungan dari kepala sekolah, antar guru, tenaga pendidik, serta sarana dan prasarana. Adapun faktor penghambat implementasi Rencana pelaksanaan Pembelajaran (RPP) PAI kelas X di SMK N 1 Warungasem meliputi: faktor dari kesiapan guru, faktor siswa, faktor lingkungan, dan faktor internal dari sekolah.
17SK1721268.00 | SK PAI 17.268 THO i | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain