SKRIPSI PAI
Strategi Pembelajaran Afektif dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMK Satya Praja 2 Petarukan Pemalang
Permasalahan pendidikan agama islam yang banyak menyita perhatian adalah pendidikan agama islam yang lebih berorientasi pada belajar tentang agama, sehingga hasilnya banyak orang yang mengetahui nilai-nilai ajaran agama tetapi perilakunya tidak relevan dengan nilai-nilai ajaran agama yang diketahuinya. Oleh karena itu, tantangan bagi pendidikan agama islam adalah bagaimana menerapkan pendidikan agama islam bukan hanya mengajarkan pengetahuan tentang agama islam tetapi juga nilai-nilai yang terkandung dalam pendidikan agama islam tersebut agar dapat tertanam dalam diri peserta didik.
Adapun yang dijadikan permasalahan dalam skripsi ini adalah bagaimana rencana pelaksanaan pembelajaran afektif dalam mata pelajaran pendidikan islam, bagaimana pelaksanaan pembelajaran afektif dalam mata pelajaran pendidikan agama islam, dan bagaimana evaluasi pembelajaran afektif dalam mata pelajaran pendidikan agama islam di SMK Satya Praja 2 Petarukan Pemalang. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan rencara pelaksanaan pembelajaran afektif dalam mata pelajaran pendidikan agama islam, untuk mengungkap pelaksanaan pembelajaran afektif dalam mata pelajaran pendidikan agama islam, dan untuk mengetahui evaluasi pembelajaran afektif dalam mata pelajaran pendidikan agama islam di SMK Satya Praja 2 Petarukan Pemalang. Sedangkan kegunaan penelitian ini yang pertama secara teoritis yaitu diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan bagi pembaca tentang strategi pembelajaran afektif dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam, yang kedua secara praktis yaitu bahan refrensi dan informasi dalam mengambil sebuah keputusan yang berkaitan dengan strategi pembelajaran afektif dalam mata pelajaran pendidikan agama islam.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian ini adalah Field Research (lapangan). Dengan alat pengumpulan data peneliti menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan yaitu melalui proses berfikir induktif. Adapun pengolahan data pada penelitian ini menggunakan model Milles and Huberman.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Rencana pelaksanaan pembelajaran afektif, aspek afektif sudah dimasukkan kedalam setiap komponen RPP. Mulai dari kompetensi inti, kompetensi dassar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, hingga pada komponen evaluasi belajar. Kata kerja operasional afektif yang dimasukkan antara lain valuing, responding, dan caracterization. Pelaksanaan pembelajaran afektif yang diterapkan di SMK Satya Praja 2 Petarukan Pemalang, aspek afektif yang dimasukkan seperti sikap, minat,
nilai, dan moral, yaitu dengan diskusi kelompok, pembiasaan, pemodelan dan refleksi. Evaluasi pembelajaran yang digunakan seperti yang ada di dalam RPP, yaitu penilaian secara global antara aspek kognitif, afektif, dan psikomotor, tidak ada instrumen penilaian khusus ranah afektif, hal ini karena RPP mengacu pada Kurikulum 2013 edisi revisi.
17SK1721263.00 | SK PAI 17.263 NIR s | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain