SKRIPSI PAI
Pelaksanaan Metode Bermain Peran dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di RA Muslimat NU Menguneng Warungasem Batang
RA Muslimat NU Menguneng Warungasem Batang pernah menggunakan metode bermain peran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Metode tersebut sangatlah membantu guru dalam menjelaskan materi yang akan disampaikan kepada peserta didik, serta dapat meningkatkan pemahaman peserta didik karena peserta didik terlibat secara aktif dan langsung dalam mempelajari materi yang sedang diajarkan.
Rumusan masalah yang dikaji adalah Bagaimana pelaksanaan metode bermain peran dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di RA Muslimat NU Menguneng Warungasem Batang? Faktor apa saja yang menghambat dan mendukung pelaksanaan metode bermain peran dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di RA Muslimat NU Menguneng Warungasem Batang?. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode bermain peran dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di RA Muslimat NU Menguneng Warungasem Batang, untuk mendeskripsikan faktor yang menghambat dan mendukung pelaksanaan metode bermain peran dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di RA Muslimat NU Menguneng Warungasem Batang.
Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Pendekatan yang digunakan penelitian dalam ini adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menyimpulkan: Pertama, Pelaksanaan metode bermain peran dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di RA Muslimat NU Menguneng Warungasem Batang dilakukan setiap hari selasa dan rabu. Beberapa peran yang pernah dimainkan, antara lain: Peran nabi dan rasul, Peran Qarun, Peran Malin kundang, Peran pahlawan Cut Nyak Dien, Peran bawang merah bawang putih. Beberapa peran tersebut dimainkan secara acak dan bergantian oleh siswa RA Muslimat NU Menguneng Warungasem Batang. Pelaksanaan metode bermain peran sudah dilakukan sejak tahun 2013 dan akan terus diterapkan dalam pembelajaran. Bentuk permainan peran dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di RA Muslimat NU Menguneng Warungasem Batang ada tiga macam, yakni permainan peran antagonis, permainan peran protagonis dan permainan peran tritagonis. Kedua, Faktor yang menghambat pelaksanaan metode bermain peran dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di RA Muslimat NU Menguneng Warungasem Batang, antara lain: Siswa yang banyak bermain dan lebih memilih untuk bercanda dengan teman-temannya, Tingkat intelektual dan pemahaman anak yang berbeda-beda, Adanya sikap malu dan rasa takut dari anak. Sedangkan faktor yang mendukung, antara lain: Adanya dukungan dari sekolah, Adanya kemauan siswa, Adanya dukungan, bantuan dan masukan dari orang tua yang ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan metode bermain peran, Tersedianya alat peraga berupa kostum, gambar, alat-alat permainan, serta buku cerita.
17SK1721262.00 | SK PAI 17.262 SIT p | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain