SKRIPSI PAI
Upaya Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Menanamkan Akhlak melalui Kegiatan Keagamaan Di SMK Muhammadiyah Bawang Batang
Guru PAI di sekolah/madrasah pada dasarnya melakukan kegiatan pendidikan Islam, yaitu upaya normatif untuk membantu seseorang atau sekelompok orang (peserta didik) dalam mengembangkan pandangan hidup Islami (bagaimana akan menjalani dan memanfaatkan hidup dan kehidupan sesuai dengan ajaran dan nilai-nilai Islam), sikap hidup Islami yang dimanifestasikan dalam keterampilan hidup sehari-hari. Sekolah diharapkan tidak hanya menghasilkan lulusan yang memiliki keahlian tertentu saja, namun bisa menyeimbangkan pengetahuan ilmu umum yang dimiliki dengan penanaman nilai-nilai pendidikan Islam salah satu caranya melalui pembiasaan kegiatan keagamaan di sekolah.
Rumusan masalah dalam penelitian ini ada dua, yaitu bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan akhlak melalui kegiatan keagamaan di SMK Muhammadiyah Bawang Batang dan faktor apa saja yang mendukung dan menghambat upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan akhlak melalui kegiatan keagamaan di SMK Muhammadiyah Bawang Batang. Tujuan penelitian adalah untuk mendiskripsikan upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan akhlak melalui kegiatan keagamaan di SMK Muhammadiyah Bawang Batang dan untuk mendiskripsikan faktor yang mendukung dan menghambat upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan akhlak melalui kegiatan keagamaan di SMK Muhammadiyah Bawang Batang.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan (field research). Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah wawancara, obserrvasi dan dokumentasi. Jenis analisis datanya adalah analisis deskriptif. Penulis mendiskripsikan secara mendalam hasil penelitian yang diperoleh dari lapangan tanpa melibatkan angka-angka.
Hasil penelitian ini adalah upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan akhlak melalui kegiatan keagamaan di SMK Muhammadiyah Bawang Batang yaitu: pertama pembiasaan kegiatan keagamaan seperti doa bersama sebelum pembelajaran dimulai, shalat dhuhur berjama’ah, shalat jum’at, hafalan juz 30, infak mingguan peringatan hari raya idul adha dll. Kedua keteladanan, ketiga nasehat. adapun faktor yang mendukung dan menghambat upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan akhlak melalui kegiatan keagamaan di SMK Muhammadiyah Bawang Batang yaitu: (1) faktor pendukung meliputi: seluruh komponen sekolah ikut berpartisipasi dan bekerja sama untuk penanamkan akhlak baik kepala sekolah, guru, karyawan sekolah, maupun peserta didik sebagai targetnya, sarana dan prasarana sudah tersedia, serta adanya jadwal pelaksanaan kegiatan keagamaan. (2) faktor penghambat meliputi: selain sebagai faktor pendukung peserta didik juga sebagai faktor penghambat dan kurang dukungan orang tua untuk memantau kegiatan atau aktibitas putra-putri meraka.
17SK1721256.00 | SK PAI 17.256 LUT u | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain