SKRIPSI PAI
Pengaruh Pelaksanaan Tata Tertib Sekolah terhadap Kedisiplinan Siswa Baru MAN 1 Pekalongan
Guru merupakan salah satu komponen yang paling banyak berperan dalam meningkatkan mutu pendidikan. Guru mempunyai peran yang sangat strategis dalam pembentukan pengetahuan, ketrampilan, dan karakter peserta didik. Begitu besarnya peranan guru sebagai pengajar dan pendidik, harus diakui bahwa kemajuan di bidang pendidikan sebagian besar tergantung pada kemampuan guru dalam mengajar. Permasalahan yang ada di MTs salafiyah Wonoyoso Buaran Pekalongan adalah masih banyak guru yang memiliki motivasi mengajar kurang. Baik buruknya mutu guru di suatu sekolah tidak lepas dari kualitas kepala sekolah karena kepala sekolah merupakan motor penggerak, penentu arah kebijakan sekolah, yang akan menentukan bagaimana tujuan-tujuan pendidikan pada umumnya direalisasikan.
Permasalahan yang dibahas meliputi kepemimpinan kepala sekolah di MTs Salafiyah Wonoyoso Buaran Pekalongan, motivasi mengajar guru di MTs Salafiyah Wonoyoso Buaran Pekalongan, serta pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi mengajar guru di MTs Salafiyah Wonoyoso Buaran Pekalongan. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kepemimpinan kepala sekolah di MTs Salafiyah Wonoyoso Buaran Pekalongan, motivasi mengajar guru di MTs Salafiyah Wonoyoso Buaran Pekalongan, dan pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi mengajar guru di MTs Salafiyah Wonoyoso Buaran Pekalongan. Adapun kegunaan penelitian ini yaitu diharapkan dapat menambah wawasan dan khasanah keilmuan bagi para guru di MTs Salafiyah Wonoyoso Buaran Pekalongan terutama terkait dengan motivasi mengajar sehingga pada akhirnya dapat digunakan sebagai acuan untuk melaksanakan pembelajaran dengan sebaik-baiknya, dan menambah cakrawala pengetahuan tentang kepemimpinan kepala sekolah serta membantu kepala sekolah untuk dapat melaksanakan tugas kepemimpinannya dengan baik.
Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara dan angket. Analisisnya dengan analisis statistik dan menggunakan rumus regresi sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah di MTs Salafiyah Wonoyoso Buaran Pekalongan cukup baik. Motivasi mengajar guru di MTs Salafiyah Wonoyoso Buaran Pekalongan cukup baik. Kepemimpinan kepala sekolah mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap motivasi mengajar guru di MTs Salafiyah Wonoyoso Buaran Pekalongan. Hal ini terbukti dengan hasil perolehan t test > t tabel, yaitu 4,604 > 1,713 pada taraf signifikan 5%. Juga diperoleh nilai signifikan sebesar 0,00 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.
17SK1721248.00 | SK PAI 17.248 FIT p | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain