SKRIPSI PAI
Korelasi antara Prestasi Belajar Aqidah Akhlak dengan Etika Peserta Didik di MTs Salafiyah NU Karanganyar Tirto Pekalongan
Dalam era globalisasi dewasa ini yang ditandai dengan semakin ketatnya persaingan di segala bidang, merupakan suatu realitas yang tidak dapat dipungkiri dan sulit untuk dihindari oleh setiap orang yang hidup di zaman sekarang ini.
Permasalahan dalam skripsi ini meliputi: Bagaimana prestasi belajar aqidah akhlak di MTs Salafiyah NU Karanganyar Tirto Pekalongan?, Bagaimana etika peserta didik di MTs Salafiyah NU Karanganyar Tirto Pekalongan?, Apakah ada korelasi antara prestasi belajar aqidah akhlak dengan etika peserta didik di MTs Salafiyah NU Karanganyar Tirto Pekalongan?. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui prestasi belajar aqidah akhlak di MTs Salafiyah NU Karanganyar Tirto Pekalongan, untuk mengetahui etika peserta didik di MTs Salafiyah NU Karanganyar Tirto Pekalongan, untuk mengetahui apakah ada korelasi antara prestasi belajar aqidah akhlak dengan etika peserta didik di MTs Salafiyah NU Karanganyar Tirto Pekalongan.
Penelitian ini mengunakan pendekatan kuantitatif. Adapun jenis penelitian ini adalah field research (penelitian lapanagan). Variabel bebas (independent variable) dalam penelitian ini adalah prestasi belajar aqidah akhlak, sedangkan variabel terikat (dependent variable) dalam penelitian ini adalah etika peserta didik di MTs Salafiyah NU Karanganyar Tirto Pekalongan. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik di MTs Salafiyah NU Karanganyar Tirto Pekalongan tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 406 peserta didik, sedangkan sampel dalam penelitian ini 15% dari 406 peserta didik berjumlah 60 peserta didik. Metode dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, interview, dokumentasi dan angket.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prestasi belajar aqidah akhlak tidak terdapat korelasi yang signifikan dengan etika peserta didik di MTs Salafiyah NU Karanganyar Tirto Pekalongan. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil penghitungan rxy = 0,088 = rh, maka = 0,088, pada tingkat kesalahan 5% rt = 0,254, berarti rh < rt, maka Ho diterima, Ha ditolak. Jadi pada tingkat kesalahan 5% disimpulkan antara prestasi belajar aqidah akhlak dengan etika peserta didik di MTs Salafiyah NU Karanganyar Tirto Pekalongan tidak terdapat korelasi yang signifikan, sedangkan pada tingkat kesalahan 1% rt = 0,330, berarti rh < rt, maka Ho diterima, Ha ditolak. Jadi pada tingkat kesalahan 1% disimpulkan antara prestasi belajar aqidah akhlak dengan etika peserta didik di MTs Salafiyah NU Karanganyar Tirto Pekalongan tidak terdapat korelasi yang signifikan.
Dengan demikian baik pada taraf signifikan 5% maupun 1% kesimpulannya sama, yaitu prestasi belajar aqidah akhlak tidak terdapat korelasi yang signifikan dengan etika peserta didik di MTs Salafiyah NU Karanganyar Tirto Pekalongan. Jadi hipotesis yang diajukan ditolak.
17SK1721246.00 | SK PAI 17.246 FAI k | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain