SKRIPSI PAI
Implementasi Kegiatan Berinfak dalam Pembentukan Karakter Peduli Sosial Siswa di SDIT Buah Hati Pemalang
Peduli sesama harus dilakukan tanpa pamrih. Tanpa pamrih berarti tidak mengharapkan balasan atas pemberian atau bentuk apapun yang kita lakukan kepada orang lain. Jadi, saat melakukan aktivitas sebagai bentuk dilakukan dengan cuma-cuma, tanpa pamrih, hati terbuka, dan tanpa menghitung-hitung. Kepedulian sejati itu tidak bersyarat. SDIT Buah Hati Pemalang merupakan sebuah lembaga pendidikan yang ada di Kota Pemalang yang letaknya di pusat kota Pemalang. SDIT Buah Hati Pemalang juga merupakan sekolah dasar yang berusaha mengupayakan terlaksananya pendidikan karakter bagi siswa-siswinya. Dengan konsistensi yang ada, karakteristik yang ingin dibangun sebagai wujud dari upaya pembentukan karakter Islami peserta didiknya SDIT Buah Hati Pemalang adalah lebih banyak memberikan atau mengintegrasikan mata pelajaran umum dengan mata pelajaran yang bernafas ke Islaman seperti kegiatan berinfak.
Adapun Rumusan Masalah adalah bagaimana konsep dalam pembentukan karakter peduli sosial siswa, bagaimana implementasi kegiatan berinfak dalam pembentukan karakter peduli sosial siswa di SDIT Buah Hati Pemalang.tujuan penelitian untuk mengetahui konsep dan implementasi kegiatan berinfak terhadap pembentukan karakter peduli sosial siswa di SDIT Buah Hati Pemalang. Metode Penelitian dan desain penelitian yang digunakan meliputi jenis pendekatan dan jenis penelitian. Jenis pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang atau perilaku yang diamati. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneltian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan di tempat terjadinya gejala-gejala yang diselidiki.1
Hasil penelitian Kegiatan Berinfak SDIT Buah Hati bahwa secara konsep memang kegiatan berinfak dalam pembentukan karakter peduli sosial siswa di SDIT Buah Hati Pemalang terkonsep dengan rapi dan ada arahan dari yayasan yang menaungi SDIT Buah Hati Pemalang. Dalam pelaksanaanya pun semua element pendidikan ikut serta dan saling mendorong tercapainya keinginan bersama guna mewujudkan kegiatan berinfak dalam pembentukan karakter peduli sosial siswa di SDIT Buah Hati Pemalang. Adapun pengaruhnya adalah sangat positif dan membangun mentalitas siswa sejak dini untuk selalu peduli terhadap sesama.
17SK1721244.00 | SK PAI 17.244 KAS i | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain