SKRIPSI PAI
Upaya Guru dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Siswa di SMP Islam Pegandon Kecamatan Karangdadap Kabupaten Pekalongan
Selama ini banyak orang yang berpendapat bahwa untuk meraih prestasi belajar yang tinggi diperlukan Kecerdasan Intelektual (IQ) yang juga tinggi. Namun, menurut hasil penelitian terbaru dibidang psikologi membuktikan bahwa IQ bukanlah satu-satunya faktor yang mempengaruhi prestasi belajar seseorang, tetapi ada banyak faktor lain yang mempengaruhi salah satunya adalah kecerdasan emosional. Kecerdasan emosional adalah kemampuan seseorang untuk mengenali emosi diri, mengelola emosi diri, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi orang lain (empati) dan kemampuan untuk membina hubungan (kerjasama) dengan orang lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa jauh upaya yang dilakukan guru SMP Islam Pegandon dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswanya.
Rumusan masalah yang dikemukakan didalam penelitian ini adalah bagaimana upaya guru dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa di SMP Islam Pegandon Karangdadap Pekalongan, dan pakah yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam upaya guru meningkatkan kecerdasan emosional siswa. Metode penelitiannya meliputi pendekatan dan jenis penelitian, di mana penulis menggunakan pendekatan kualitatif, sedang jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field research), di mana peneliti mengamati langsung ke lokasi penelitian. Sementara teknik pengumpulan datanya adalah dengan menggunakan interview, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data, digunakan teknik analisis diskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini bahwa upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa di SMP Islam Pegandon meliputi: a. Meningkatkan kesadaran diri, intropeksi diri. b. Menciptakan suasana hati siswa yang menyenangkan pada saat pembelajaran. c. memotivasi siswa dengan cara menyemangati, memberikan arahan terhadap bidang keahlian siswa. d. memberikan pemahaman agar siswa menerima perbedaan yang ada, dengan menanamkan bahwa kita ditakdirkan Tuhan dengan kondisi yang berbeda beda, harus disyukuri. e. penanaman perilaku terpuji dengan cara menanamkan sikap kejujuran, kedisiplinan sopan santun dan saling menghargai . f. pembinaan hubungan dengan semua warga sekolah dengan cara saling menghormati, menghargai dan komunikasi. Beberapa faktor pendukung dalam upaya guru meningkatkan kecerdasan emosional siswa di SMP Islam pegandon ini meliputi: kompetensi guru, kualitas siswa, sarana prasarana, kurikulum, kebijakan atasan yang mendukung kegiatan ini, peran aktif orang tua dan masyarakat dalam mendukung kegiatan ini. Adapun beberapa faktor penghambat dalam kegiatan ini meliputi Kurangnya kesadaran orang tua dalam membimbing dan memantau pergaulan serta tingkah laku anak, Kurangnya koordinasi antar guru di sekolah dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa, Pengaruh lingkungan yang kurang mendukung dalam peningkatkan kecerdasan emosional anak.
17SK1721243.00 | SK PAI 17.243 SAI u | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain