SKRIPSI PAI
Hubungan Antara Minat Belajar dengan Hasil Belajar Fikih Siswa Kelas V MI Salafiyah Gombong Warungpring Pemalang Tahun Pelajaran 2015/2016
Beberapa penelitian menjelaskan bahwa minat belajar memiliki hubungan dengan hasil belajar siswa. Oleh sebab itu, untuk meningkatkan hasil belajar siswa, salah satunya adalah menumbuhkan semangat minat belajar itu sendiri, karena dengan adanya minat belajar akan turut serta mengalami proses bagaimana memulai, merencanakan serta melakukan praktek mata pelajaran Fikih tersebut. Dengan berusaha mengetahui proses dalam mempelajari materi pelajaran Fikih, sedikit banyak akan menumbuhkan minat pada siswa untuk lebih meningkatkan hasil belajar yang diperoleh dari ujian yang diberikan.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah : 1). Bagaimana Minat Belajar Fikih siswa kelas V MI Salafiyah Gombong Warungpring Pemalang Tahun Pelajaran 2015/2016?, 2). Bagaimana Hasil Belajar Fikih siswa kelas V MI Salafiyah Gombong Warungpring Pemalang Tahun Pelajaran 2015/2016?. 3).Apakah ada hubungan positif antara Minat Belajar Fikih siswa dengan Hasil Belajar Fikih siswa kelas V MI Salafiyah Gombong Warungpring Pemalang Tahun Pelajaran 2015/2016?.
Pendekatan yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, yaitu pendekatan yang menekankan analisisnya pada data-data nominal (angka) yang diolah dengan cara metode statistik. Adapun dalam menganalisis data penulis menggunakan rumus product moment. Sedangkan metode pengumpulan data yang dipakai antara lain; metode observasi, angket, interview, dan dokumentasi.
Hasil akhir penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut; pertama, Dari analisis angkettentang minat siswa dalam pembelajaran fikih rata-rata skor angket setelah dirubah menjadi nilai prosentase dengan cara 34,1 : 40 x100 % = 85,2 % artinya termasuk kategori baik. Kedua, rata-rata hasil belajar fikih dari 40 siswa didapatkan nilai mean 81,12 yang berada rentang interval 81 - 100 Sehingga menunjukan kriteria baik. Dengan demikian diartikan bahwa hasil belajar siswa pada mapel Fikih siswa MI Salafiyah Gombong Warungpring Pemalang dapat dikategorikan baik. Ketiga, kedua pengujian hipotesis dengan taraf signifikansi 5 % dan 1%, r hitung 0,538, maka hasil yang diperoleh adalah r observasi (hasil penelitian) lebih besar hasilnya daripada r dalam tabel. Jadi hipotesis yang telah diajukan dalam penelitian ini hasilnya adalah “signifikan” atau hipotesis diterima dan terbukti kebenarannya. Jadi minat belajar siswa berkorelasi atau berhubungan terhadap hasil belajar fikih siswa kelas V MI Salafiyah Gombong Warungpring.
17SK1721242.00 | SK PAI 17.242 SAA h | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain