SKRIPSI PAI
Implementasi Pembelajaran Kitab Aqidatul Awwam di Pondok Pesantren Syafii Akrom Jenggot Pekalongan
Pondok pesantren Syafi’i Akrom Jenggot Pekalongan merupakan pondok pesantren yang berkiblat pada pondok pesantren salaf Lirboyo sehingga kurikulumnya adalah kurikulum pondok salaf, salah satu kitab kuning yang diajarkan adalah kitab Aqidatul Awwam yang berisi tentang keimanan terhadap Allah dan Rasul-Nya yang bertujuan untuk dasar ketauhidan. Dalam implementasi pembelajaran kitab Aqidatul Awwam menggunakan lebih dari satu metode yaitu metode hafalan, metode ceramah, metode imla’, metode tanya jawab dan metode kisah, dan menjadikan metode hafalan sebagai metode utama karena nilai tes hafalan adalah tolak ukur kenaikan kelas. Dengan menggunakan sistem lalaran yang menjadikan penggunaan metode hafalan dalam pembelajaran kitab Aqidatul Awwam di pondok pesantren Syafi’i Akrom beda dengan pondok pesantren lainnya.
Dalam penelitian ini, rumusan masalah yang diajukan adalah Bagaimana implementasi pembelajaran dalam kitab Aqidatul Awwam di Pondok pesantren Syafi’i Akrom dan apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi pembelajaran kitab Aqidatul Awwam di pondok pesantren Syafi’i Akrom. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran kitab Aqidatul Awwam di pondok pesantren Syafi’i Akrom dan untuk mendeskripsikan faktor faktor yang mendukung dan menghambat implementasi pembelajaran kitab Aqidatul Awwam di pondok Syafi’i Akrom. Sedangkan kegunaannya adalah dapat menambah khazanah keilmuan, wawasan serta pengalaman sehingga nantinya saat peneliti menjadi guru dapat menjadi guru yang profesional, dapat menjadi salah satu rujukan dalam melakukan pemilihan metode pembelajaran dan dapat menjadi salah satu rujukan dalam penelitian yang dikerjakan.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Untuk teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan menggunakan langkah-langkah Miles dan Huberman yang mencakup: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah pembelajaran kitab Aqidatul Awwam bertujuan untuk mencegah faham-faham barat yang negatif, agar santri mencintai karya orang Indonesia sendiri, dasar ketauhidan bagi santri, meningkatkan keimanan pada jiwa santri. Dalam hal materi pembelajaran, kitab Aqidatul Awwam berisi tentang Aqoid 50, nama-nama Nabi, malaikat, dan kitab yang wajib diketahui, materi tentang Nabi Muhammad dan keluarganya, Metode yang digunakan adalah metode hafalan, metode ceramah, imla’, tanya jawab dan kisah. Media pembelajarannya adalah media yang lazim digunakan dalam proses belajar mengajar seperti papan tulis, kitab dan lain-lain. Dalam hal kegiatan pembelajarannya, melalui tiga tahap, yaitu tahap pembukaan, tahap inti dan tahap penutup. Sedangkan dalam hal evaluasi pembelajaran menggunakan tes ujian hafalan, tes ujian tertulis dan tes memaknai kitab, akan tetapi nilai dari ujian hafalan yang menajdi tolak ukur kenaikan kelas. Faktor pendukung implementasi pembelajaran kitab Aqidatul Awwam adalah Kitab Aqidatul Awwam yang telah dimiliki setiap santri, sistem lalaran, semangat dari guru dan ruang kelas yang nyaman. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kesulitan santri dalam memaknai kitab dan menulis arab pegon, para santri kurang bisa menerima jika metode hafalan menjadi tolak ukur kenaikan kelas dan faktor sekolah di siang harinya.
17SK1721241.00 | SK PAI 17.241 KAM i | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain