SKRIPSI PAI
Pengaruh Pendampingan Belajar di Rumah oleh Orang Tua Terhadap Prestasi Anak (Studi Kasus Pada Siswa Kelas VII di SMP Negeri 2 Kandeman Batang
Sekolah Menengah Pertama Kandeman Batang rata-rata siswanya di rumah melakukan pendampingan belajar dengan orang tuanya. Akan tetapi, masih sedikit orang tua yang menyepelekan belajar dengan didampingi di rumah. Mereka beranggapan bahwa bapak ibu guru sudah membimbing di sekolah sehingga anak didik di rumah tinggal melanjutkan dan belajar sendiri tanpa bimbingan orang tua. Hal ini lah yang menjadikan rendahnya karakter seorang peserta didik yang nantinya akan berakibat pada rendahnya prestasi seseorang. Permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini meliputi: bagaimana pendampingan belajar di rumah oleh orang tua pada siswa kelas VII SMP N 2 Kandeman, bagaimanaprestasi kelas VII di SMP N 2 Kandeman, dan apakah ada pengaruh antara pendampingan orang tua terhadap prestasi siswa kelas VII di SMP N 2 Kandeman. Tujuan dari penelitian ini adalahuntuk mengetahui pendampingan belajar di rumah oleh orang tua pada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Kandeman,untuk mengetahui prestasi siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Kandeman, untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pendampingan orang tua terhadap prestasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kandeman. Kegunaan penelitian ini adalah kegunaan secara teoritis: dengan dilakukannya penelitian ini diharapkan dapat memperoleh gambaran tentang pendampingan belajar oleh orang tua, hasil penelitian ini diharapkan menambah wawasan dan pengetahuan tentang pentingnya pendampingan belajar oleh orang tua di rumah. Kegunaan secara praktis: sebagai masukan bagi orang tua agar penelitian ini menjadi pertimbangan untuk lebih memperhatikan anaknya dalam belajar di rumah, sebagai penyemangat dan motivasi anak dalam belajar, sehingga dengan adanya pendampingan anak lebih giat dalam belajar. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), pendekatan penelitannya yakni pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Populasi penelitian ini berjumlah 32 anak dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel acak berstrata (stratified random sampling). Analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendampingan belajar di SMP N 2 Kandeman Batang termasuk dalam kategori cukup baik. Hal ini berdasarkan nilai rata-rata angket pendampingan belajar sebesar 37 berada dalam interval nilai 37 – 40. Sedangkan prestasi belajar siswa di SMP N 2 Kandeman Batang termasuk dalam kategori cukup baik. Hal ini berdasarkan nilai rata-rata UTS mata pelajaran siswa sebesar 74,34 terletak pada interval 72 – 76. Kemudian pendampingan belajar mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar SMP N 2 Kandeman Batang. Hal ini terbukti dengan hasil perhitungan
viii
analisis regresi satu prediktor diperoleh nilai
17SK1721239.00 | SK PAI 17.239 LIS p | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain