SKRIPSI PBA
Penerapan Metode Qiro’ah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Mts N Buaran Pekalongan
vii
ABSTRAK
Alhasyimi, Akhmat. 2016. Penerapan Metode Qiro’ah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Mts N Buaran Pekalongan. Skripsi Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongan, Khoirul Basyar, M.S.I. Kata kunci : Penerapan, Metode Qiro’ah, Pembelajaran Bahasa Arab.
MTs N Buaran Pekalongan merupakan salah satu sekolah berbasis madrasah negeri di Pekalongan yang menerapkan pembelajaran bahasa Arab yang mana salah satu pendidik bahasa Arab di MTs N Buaran Pekalongan menerapkan metode Qiro’ah. Hal ini dilakukan karena melihat kemampuan bahasa Arab peserta didik di MTs N Buaran Pekalongan yang masih kurang dalam membaca bahasa Arab akibat banyak dari mereka yang berasal dari Sekolah Dasar Negeri (SDN) dan tidak mendapatkan pembelajaran bahasa Arab sebagai salah satu mata pelajaran. Selain itu, pendidik memandang jika membaca dapat memberikan efek positif sehingga membantu peserta didik dalam mencapai tujuan akhir dari pembelajaran bahasa Arab di MTs N Buaran Pekalongan.
Berdasarkan uraian diatas, maka penulis mengemukakan rumusan masalahnya adalah bagaimana penerapan metode qiro’ah dalam pembelajaran bahasa arab di MTs N Buaran Pekalongan, apa faktor pendukung dan penghambat dari penerapan metode qiro’ah dalam pembelajaran bahasa arab di MTs N Buaran Pekalongan
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan pendekatan yang dipakai ialah pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dengan metode dokumentasi, observasi,dan wawancara. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif yang merupakan suatu pendekatan penelitian yang berorientasi pada fenomena-fenomena atau gejala yang bersifat alami.
Hasil penelitian yang telah penulis lakukan tentang penerapan metode dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs N Buaran Pekalongan, adalah penerapan metode qiro’ah di kelas VII A MTs N Buaran Pekalongan pada setiap pembelajarannya berjalan dengan baik. Faktor pendukung penerapan metode qiro’ah dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs Negeri Buaran Pekalongan. Sebagai berikut : Sikap profesional guru dalam mengajar, dan kemampuan guru dalam menguasai berbagai metode dan strategi pembelajaran, bahasa atau ucapan guru yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran bahasa Arab tidak murni menggunakan metode langsung. Faktor penghambat penerapan metode qiro’ah dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs Negeri Buaran Pekalongan. Sebagai berikut : Beberapa siswa yang latar belakang pendidikan SDN tidak dapat cepat mengikuti pembelajaran bahasa Arab, kondisi siswa yang sedang capek disaat pembelajaran, minat siswa yang kurang terhadap mata pelajaran bahasa Arab, kalimat-kalimat yang digunakan terkadang masih asing ditelinga peserta didik, lemahnya kemampuan peserta didik dalam menguasai mufrodat.
17SK1722030.00 | SK PBA 17.030 ALH p | My Library (Skripsi Lantai 3) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain