SKRIPSI PAI
Pengaruh Kedisiplinan Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa di Madrasah Tsanawiyah Salafiyah Wiradesa Kabupaten Pekalongan
Berdasarkan pemantauan sementara di Madrasah TsanawiyahSalafiyahWiradesaKabupatanPekalonganterlihat bahwa sebagaian siswa-siswa terlihat tidak begitu semangat dalam kegiatan belajar, mereka tidak begitu berminat untuk memperoleh hasil belajar secara optimal. Hal ini terjadi dikarenakan kondisi guru selaku pendidik belum terlihat mampu menjadi contoh bagi keteladanan siswa untuk membangkitkan semangat belajar yang salah satu indikatornya adalah kedisiplinan guru. Kedisiplinan sebagai bentuk tanggungjawab, kesungguhan, ketertiban dan keraturan guru dalam melaksanakan tugasnya sebagai pengajar.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kedisiplinan guru di madrasah tsanawiyah salafiah wiradesa kabupaten pekalongan?(2) Bagaimana motivasi belajar peserta didik di madrasah tsanawiyah salafiah wiradesa kabupaten pekalongan?, dan Bagaimana pengaruh kedisiplinan guru terhadap motivasi belajar siswa di madrasah tsanawiyah salafiah wiradesa kabupatan pekalongan?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) kedisiplinan guru di madrasah tsanawiyah salafiah wiradesa kabupaten pekalongan(2) motivasi belajar peserta didik di madrasah tsanawiyah salafiah wiradesa kabupaten pekalongandan (3) pengaruh kedisiplinan guru terhadap motivasi belajar siswa di madrasah tsanawiyah salafiah wiradesa kabupatan pekalongan. Kegunaan penelitian ini memberikan manfaat dalampeningkatankedisiplinanpara guru yang berpengaruhterhadapmotivasibelajarsiswa di Madrasah TsanawiahSalafiahWiradesaKabupatenPekalongan.
Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan, dimana penelitian dilaksanakan pada kancah kehidupan yang sebenarnya. Pendekatannya dengan kuantitatif yaitu analisisnya pada bentuk angka atau bilangan. Metode yang digunakan denganmetode observasiberupapengamatan, metode angketberupapertanyaantersruktur, metode interviewberupawawancara dan metode dokumentasiberupa data lapangan. Analisis data dengan menggunakan bersifat kuantitatif dengan statistika dengan rumusregresi linier sederhana yang selanjutnya mengkonsultasikan nilai ttes baik pada taraf signifikan 5 %.
Hasilpenelitianmenunjukkanbahwakedisplinan guru di Madrasah TsanawiyahSalafiyahWiradesaKabupaten Pekalongan dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 76 dalam interval76-77.Motivasibelajar siswa di Madrasah TsanawiyahSalafiyahWiradesaKabupaten Pekalongan dalam kategori cukup dengan nilairata-rata 77dalam interval 76-77.Pengaruh kedisplinan guruterhadap motivasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Salafiyah WiradesaKabupaten
Pekalongan dengan perhitungan ttes =2,585. pada taraf signifikan 5% ttabel = 2,048 berarti ttes> ttabel (2,585 > 2,048). Jadi dapat disimpulkan bahwa pada taraf signifikan 5 % kedisiplinan guru mempunyai pengaruh positif yang siginifikanterhadap motivasi belajar siswa (Ha diterima dan Ho ditolak).
17SK1721231.00 | SK PAI 17.231 MUJ p | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain