SKRIPSI PAI
Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Tanbihul Mutaallim Karya Ahmad Maisur Sindi Al-Thursidi
Akhlak merupakan fondasi yang kokoh bagi terciptanya hubungan baik antara hamba dan Allah SWT. (hablumminallah) dan antar sesama (hablumminannas). Akhlak yang mulia tidak lahir berdasarkan keturunan atau terjadi secara tiba-tiba. Akan tetapi, membutuhkan proses panjang, yakni melalui pendidikan akhlak. Televisi yang sarat muatan hedonistis menebarkan jala untuk menjaring pemirsa dengan berbagai tayangan yang sronok penuh janji kenikmatan, keasyikan dan kesenangan. Banyak sistem pendidikan akhlak, moral, etika yang ditawarkan oleh barat, namun banyak kelemahan dan kekurangannya. Karena berasal dari manusia yang ilmu dan pengetahuannya sangat terbatas.
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu, pertama, Bagaimana nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Tanbihul Muta’allim. Kedua, Bagaimana relevansi nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Tanbihul Muta’allim pada masa kini.
Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui konsep nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Tanbihul Muta’allim dan relevansi konsep nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Tanbihul Muta’allim pada masa sekarang. Sedangkan kegunaan penelitian ini secara teoritis yaitu memberikan pengetahuan, informasi dan cakrawala ilmu kependidikan sebagai referensi bacaan ilmiah dan kegunaan praktisnya bagi para pemerhati pendidikan maupun masyarakat dalam mendidik, membina dan mengembangkan nilai-nilai pendidikan akhlak pelajar dalam mengemban tugas dan tanggungjawabnya. Kemudian bagi peneliti dan pembaca yaitu sebagai tambahan wawasan dan pengetahuan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif analisis kritis dengan jenis penelitian pustaka (library research). Sedangkan pengumpulan data dengan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis isi (content analisys) menurut Weber yang dikutip oleh Soejono dan Abdurrohman yang mana memanfaatkan seperangkat prosedur untuk menarik kesimpulan isi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Tanbihul Muta’allim terbagi menjadi 4 bagian: Pertama, Hubungan antara manusia dengan Allah, seperti menjauhi perkara dosa, menyakini kemuliaan dan keagungan guru, niat dan tujuan belajar. Kedua, Hubungan manusia dengan sesamanya, seperti berbuat baik dan patuh pada kedua orang tua, guru, teman dan masyarakat. Ketiga, Hubungan manusia dengan lingkungannya, seperti memakan dan memakai barang yang halal, baik dan bersih. Keempat, Akhlak terhadap dirinya, seperti menjaga kebersihan, muthala’ah (mengulang pelajaran), bekerja keras dan bermusyawarah. Kemudian metode-metode yang digunakan yaitu metode pembiasaan, keteladanan, mau’idhah hasanah dan cerita. Selain itu nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Tanbihul Muta’allim masih sangat relevan untuk sebagai buku pedoman penanaman nilai-nilai pendidikan akhlak bagi masyarakat sekarang, khususnya bagi pelajar dan pengajar.
17SK1721229.00 | SK PAI 17.229 SYA n | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain