SKRIPSI PAI
Hubungan Kinerja Pustakawan Dengan Kualitas Pelayanan Perpustakaan STAIN Pekalongan
Perpustakaan sebagai lembaga penyedia informasi akan memiliki kinerja yang baik apabila dikelola dengan baik dan benar sehingga seluruh aktivitas lembaga akan mengarah pada upaya pencapaian tujuan yang telah ditetapkan. Seorang pengelola perpustakaan selalu berhubungan dengan pengguna dan koleksi dan menjadi penghubung di antara keduanya. Ia bukan hanya petugas yang mengelola, melayani dan mengatur buku di rak melainkan tulang punggung yang menghidupkan perpustakaan yang dikelolanya. Seorang pustakawan pada perpustakaan hendaknya mampu mewujudkan pencapaian tugas perpustakaan dalam membina dan mengembangkan minat para pembaca. Sehingga besar kecilnya hasil yang dicapai oleh perpustakaan tergantung pada tenaga pustakawan yang mengelola.
Adapun yang menjadi perumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah pertama bagaimana kinerja pustakawan perpustakaan STAIN Pekalongan?, kedua bagaimana kualitas pelayanan perpustakaan STAIN Pekalongan?, ketiga bagaimana hubungan antara kinerja pustakawan dengan kualitas pelayanan perpustakaan STAIN Pekalongan?. Tujuan penelitian ini adalah pertama untuk mendeskripsikan kinerja pustakawan perpustakaan STAIN Pekalongan, kedua untuk mendeskripsikan kualitas pelayanan perpustakaan STAIN Pekalongan, ketiga untuk mendeskripsikan hubungan antara kinerja pustakawan dengan kualitas pelayanan perpustakaan STAIN Pekalongan.
Jenis penelitian ini adalah lapangan (field research). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Objek dalam penelitian ini adalah pelayanan perpustakaan STAIN Pekalongan. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan observasi, angket dan wawancara.
Hasil penelitian ini menggungkapkan bahwa: pertama, kinerja pustakawan perpustakaan STAIN Pekalongan yang memiliki rata-rata 82 berada pada interval 82 – 84. Hal ini menunjukkan bahwa kinerja pustakawan termasuk dalam kualifikasi “cukup”. Kedua, kualitas pelayanan perpusakaan STAIN Pekalongan yang memiliki rata-rata 73 berada pada interval 73 – 75. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan perpustakaan STAIN Pekalongan termasuk dalam kualifikasi “cukup”, dan ketiga hubungan kinerja pustakawan dengan kualitas pelayanan perpustakaan STAIN Pekalongan terdapat korelasi (positif) yang lemah. Adapun nilai rxy ialah 0,363, sedangkan pada taraf signifikan 5% nilai rt = 0,279 maka nilai rxy lebih besar daripada rt pada taraf signifikan 5% ( 0,363 > 0,279). Ini berarti terdapat korelasi (positif) yang signifikan antara kinerja pustakawan dengan kualitas pelayanan perpustakaan STAIN Pekalongan. Jadi hipotesis yang diajukan diterima.
17SK1721226.00 | SK PAI 17.226 MUS h | My Library (Lantai 3, Ruang Skripsi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain